Sukses


Macam-Macam Penyebab Laptop Lemot yang Biasa Ditemui

Bola.com, Jakarta - Laptop saat ini menjadi perangkat yang penting dimiliki untuk menunjang aktivitas karyawan, pelajar, maupun para mahasiswa.

Seiring berjalannya waktu, laptop yang dimiliki performanya bisa menjadi makin lemot sehingga tidak terlalu nyaman saat digunakan.

Selain itu, laptop yang lemot bisa membuat berbagai pekerjaan menjadi terganggu dan produktivitas bisa menurun.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda pasti merasa kesal. Apalagi jika sedang banyak tugas atau pekerjaan yang harus segera dikerjakan.

Laptop yang berjalan lemot bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Itulah mengapa, Anda harus mengetahui apa saja penyebab laptop lemot yang biasa terjadi.

Berikut ini macam-macam penyebab laptop lemot yang biasa ditemui, dikutip dari laman Ekrut dan Jurnalponsel, Jumat (11/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Laptop Lemot

1. Masalah pada Driver

Driver yang ketinggalan zaman atau rusak bisa menjadi alasan seringnya laptop Anda lemot. Sebab, driver akan digunakan untuk komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi di dalam laptop atau komputer.

Misalnya jika driver video yang di-install pada sistem laptop Anda tidak diperbarui, laptop Anda mungkin akan lemot ketika mencoba memutar video.

2. Terlalu Banyak Program yang Dibuka

Setiap program di laptop Anda membutuhkan sumber daya internal dan eksternal agar berfungsi dengan baik. Jika beberapa program berjalan secara bersamaan, mungkin laptop Anda tidak memiliki cukup memori atau daya komputasi untuk mendukung semuanya.

3. Overheating

Panas yang berlebih dapat memperlambat kerja laptop hinga akhirnya menyebabkan laptop lemot. Suhu yang cukup tinggi bahkan bisa merusak integrated circuit pada sistem prosesor laptop Anda dan membuatnya tidak dapat digunakan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Laptop Lemot

4. RAM Tidak Cukup

RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah memori yang ada di dalam laptop, yang berfungsi menyimpan data sementara saat menjalankan suatu program. Makin banyak program yang dijalankan dalam laptop, akan makin banyak kapasitas RAM yang dibutuhkan.

RAM memiliki peran yang paling penting dan utama saat melakukan multitasking shingga bisa saja laptop lemot karena RAM yang kecil, tetapi harus menjalankan beberapa program yang cukup berat.

5. Pengaturan BIOS

Adanya perubahan pada pengaturan BIOS dapat menyebabkan masalah yang dapat menyebabkan sistem pada laptop berubah ke dalam mode freeze.

6. Masalah pada Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal seperti mouse, keyboard, kamera USB, dan lain-lain yang rusak dan terhubung ke sistem dapat menyebabkan laptop lemot secara acak atau sering.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Laptop Lemot

7. Virus pada Laptop

Kinerja laptop yang berubah menjadi lemot dapat disebabkan karena terinfeksi dengan virus. Virus yang menyerang laptop juga dapat merusak file system yang menyebabkan windows tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Bahkan lebih parahnya lagi, windows pada laptop juga dapat mengalami error sehingga tidak dapat dioperasikan.

8. Kesalahan pada Perangkat Lunak

Software pihak ketiga dapat menyebabkan laptop Anda lemot. Sebab, beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel atau membutuhkan banyak memori untuk bekerja, sehingga jika laptop Anda tidak dapat menangani hal ini, laptop pun bisa hang dan freeze.

 

Sumber: Ekrut, Jurnalponsel

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer