Sukses


7 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Jerawat merupakan satu di antara masalah kulit sejuta umat. Selain area wajah, jerawat kerap kali muncul di punggung.

Terkadang, jerawat di punggung agak sulit diatasi. Pasalnya, jerawat punggung menerima paparan terus-menerus. Misalnya karena tertutup baju setiap hari, gesekan, sisa detergen, atau pakaian yang kurang menyerap keringat.

Sebagian orang juga punya punggung yang rentan jerawatan karena pori-porinya besar dan berminyak. Ditambah lagi dengan kebersihan punggung yang luput dari perhatian atau sulit dijangkau ketika mandi.

Namun, Anda tidak perlu resah jika mengalami keluhan jerawat di punggung. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat agar tidak menjadi lebih parah dan pulih dengan cepat.

Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung, disadur dari Klikdokter, Sabtu (12/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

1. Gunakan Obat Jerawat yang Tepat

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), produk jerawat (misalnya yang dijual di apotek tanpa resep dokter) dapat mengatasi jerawat dengan tingkat keparahan ringan hingga sedang.

Contoh produk yang dimaksud biasanya memiliki kandungan benzoyl peroxide, salicylic acid, dan retinoid.

Gunakan obat jerawat secara rutin setiap hari. Namun, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk pemilihan produk jerawat yang sesuai kondisi.

2. Mandi Setelah Olahraga

Sehabis olahraga, jangan tunda untuk membersihkan tubuh. Sebab, membiarkan keringat dan kotoran menempel terlalu lama di punggung bisa menyebabkan jerawat punggung.

Selain itu, cara mandi yang benar juga diperhatikan. Sabuni area punggung dengan baik dan keringkan sampai benar kering sebelum memakai baju.

Gunakan baju berbahan nyaman dan menyerap keringat ketika berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya yang membuat tubuh berkeringat. Tak lupa, cuci bersih pakaian tersebut agar kotoran tidak makin menumpuk.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

3. Bersihkan Punggung dengan Lembut

Bila Anda sedang memiliki jerawat di punggung, jangan terlalu kasar dalam membersihkannya lantaran hal ini akan membuat jerawat makin parah atau meradang. Hindari pula memegang atau memencet jerawat.

Kalau punggung sudah dipastikan tidak ada jerawat, Anda bisa lakukan eksfoliasi lembut dengan scrub di punggung untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

4. Gunakan Produk Kulit Berbahan Lembut

Sabun dengan bahan yang terlalu keras untuk kulit dapat memperparah jerawat, begitu juga dengan pemakaian sikat punggung atau loofah terlalu kasar dan sering. Lebih baik, pakai produk berbahan lembut dan tanpa pewangi.

Coba pilih produk bertuliskan non-comedogenic, non-acnegenic, "won't clog pores" (tidak menyumbat pori), dan oil-free. Sebagai opsi, Anda bisa juga memakai produk kulit yang mengandung ekstrak tea tree.

5. Hindari Gesekan pada Punggung

Misalnya, akibat pemakaian tas ransel. Untuk sementara, gunakan dulu tas jinjing atau sling bag. Usahakan tali tas tidak mengenai atau bergesekan dengan bagian yang berjerawat.

Bila Anda berambut panjang, kuncir rambut agar rambut tidak langsung menempel ke area punggung. Hal ini karena kotoran dari rambut yang menempel di kulit punggung dapat memicu jerawat juga.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

6. Pakai Sunscreen

Hati-hati, paparan sinar matahari dapat memperparah jerawat. Ketika Anda memakai baju dengan bagian punggung terbuka, tetap lindungi punggung dengan tabir surya.

Pilihlah produk sunscreen yang bertekstur ringan dan tidak berbahan dasar minyak.

7. Terapkan Pola Makan Sehat

Bila Anda cukup sensitif dengan kemunculan jerawat di kulit, beberapa makanan dapat jadi pemicunya. Studi oleh AAD menyebutkan, makanan mengandung indeks glikemik tinggi (pemicu gula darah naik) dapat memperparah jerawat.

Contoh makanan yang mesti dihindari atau dikontrol konsumsinya ialah roti putih, nasi putih, dan lain-lain. Lebih baik, perbanyak buah dan sayur, protein tanpa lemak, dan gandum utuh.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/9/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer