Sukses


Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bagi kebanyakan orang, mandi dua kali sehari, pada pagi dan sore atau malam hari, mungkin telah menjadi kebiasaan. Sejak kecil, kita diajari untuk mandi setiap hari.

Mandi pagi atau sebelum beraktivitas, seperti ke sekolah dan ke kantor, seperti menjadi keharusan. Memang ada manfaat baik yang diperoleh dengan rutin mandi pagi, terutama mandi dengan air dingin.

Beberapa manfaat tersebut, di antaranya menjaga kadar kortisol (hormon stres di dalam tubuh) lebih rendah, meningkatkan kreativitas Anda, serta bermanfaat untuk kondisi kulit yang lebih baik.

Di sisi lain, di antara kita yang menyukai mandi air hangat saat pagi, alasannya seperti lebih nyaman dan agar tidak merasa kedinginan.

Namun, mulai sekarang, Anda bisa mencoba dan beralih mandi pagi dengan air dingin untuk merasakan berbagai manfaatnya. Ya, mandi air dingin di pagi hari mempunyai manfaat. Apa saja itu?

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mandi air dingin di pagi hari, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (14/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Meningkatkan imunitas tubuh

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan sel darah putih (leukosit) yang berperan untuk melawan infeksi yang masuk ke tubuh.

Pada akhirnya, secara tidak langsung aktivitas mandi rutin di pagi hari menggunakan air dingin dapat meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh).

Meningkatkan peredaran darah

Rutinitas mandi pagi menggunakan air dingin dapat meningkatkan peredaran darah dengan lancar sehingga tubuh terasa lebih segar.

Meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh

Air dingin dapat memicu detak jantung sehingga tubuh mendapatkan asupan oksigen lebih banyak.

Meredakan nyeri otot

Selama ini, hanya air hangat yang dikenal untuk efek relaksasi dan meredakan nyeri otot. Nyatanya, air dingin juga punya manfaat sama. 

Air dingin dapat membantu meredakan nyeri serta gangguan peradangan di otot.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Membantu meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan produksi hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria. Hal ini berarti, kesuburan Anda juga akan meningkat.

Membantu meringankan gejala depresi

Air yang dingin dapat membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat memberikan rasa senang, serta melawan hormon stres. 

Hal ini sekaligus dapat membantu mengurangi perasaan tidak nyaman bagi pengidap gangguan depresi.

Menurunkan berat badan

Apabila Anda sedang dalam program menurunkan berat badan, rutinitas mandi pagi dengan air dingin dapat membantu. 

Ya, mandi dengan air dingin mengaktifkan jaringan lemak cokelat di dalam tubuh yang kemudian dapat berubah menjadi energi panas.

Pengobatan hidroterapi

Penggunaan air dingin sudah lama dilakukan dalam pengobatan medis, yaitu hidroterapi. Pengobatan ini menggunakan air dingin karena prinsip metodenya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang lancar.

Oksigen dan nutrisi pun dapat lancar mengalir ke seluruh tubuh serta memberikan efek antinyeri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Merawat kulit tubuh

Kelembapan kulit akan makin meningkat jika Anda rutin mandi pagi dengan air dingin. Selain itu, kandungan minyak alami di wajah dapat berkurang.

Membuat wajah terlihat awet muda dan mencegah jerawat

Mandi teratur dengan menggunakan air dingin akan membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Dengan demikian, kotoran dan sebum tidak mudah menumpuk dan membuat wajah berjerawat.

Memperkuat rambut

Air dingin dapat membuat pori-pori kulit kepala menjadi lebih kencang. Hal ini membuat rambut menjadi lebih kuat, tidak mudah rontok serta lapisan kutikula rambut juga dapat bertambah. Kondisi ini akan membuat rambut terlihat bercahaya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/1/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer