Sukses


Daftar Makanan Pencegah Rambut Rontok, Perlu Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Rambut kuat, tebal, indah, dan bersinar menjadi dambaan banyak orang. Sebaliknya, rambut rontok, berketombe, kusam, bercabang, menjadi persoalan bagi sebagian orang.

Khusus rambut rontok, kondisi ini mungkin mengkhawatirkan Anda. Mungkin Anda telah melakukan perawatan di salon, namun hasilnya belum sesuai harapan.

Perlu diketahui, kekuatan rambut satu di antaranya berasal dari pola makan yang seimbang. Dilansir dari Klikdokter, asupan nutrisi dapat membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang sehat inilah yang berperan menjaga kesehatan rambut.

Alhasil, Anda harus pula memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Meski penyebab rambut rontok bisa bermacam-macam, satu di antara cara mencegah rambut rontok ialah dari makanan yang Anda konsumsi.

Apabila Anda tidak ingin bermasalah dengan rambut rontok, mulai sekarang aturlah menu makan Anda dengan menambahkan makanan-makanan yang bisa mencegah kerontokan rambut.

Berikut daftar makanan pencegah rambut rontok, yang perlu Anda ketahui, disadur dari Klikdokter, Senin (14/3/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Rambut Rontok

Salmon

Satu di antara makanan untuk mencegah kerontokan rambut adalah salmon. Kandungan tinggi protein dan vitamin D pada salmon yang merupakan kunci rambut yang kuat.

Selain itu, asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tubuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Oyster

Makanan lain yang dapat mencegah rambut rontok adalah oyster, yang mengandung zink dalam jumlah tinggi. Kekurangan zink dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak.

Selain oyster, sumber zink lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, seperti roti whole grain, daging, dan telur.

Udang

Makanan lain yang dapat mencegah rambut rontok adalah udang. Manfaat ini diperoleh dari kadar zink yang tinggi pada udang. Banyak mengonsumsi zink dapat mencegah rambut menipis. 

Namun, berhati-hatilah dalam mengonsumsi udang, terutama bagi Anda yang memiliki alergi udang.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Rambut Rontok

Telur

Telur kaya akan vitamin B dan mengandung biotin dalam jumlah tinggi. Keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Maka itu, telur menjadi makanan pencegah rambut rontok.

Selain kandungan biotin, telur mengandung zat besi, zink, dan omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut.

Sumber asupan lain yang mengandung vitamin B dan tinggi biotin, di antaranya susu, yoghurt, dan produk olahan susu lainnya.

Daging ayam

Daging ayam dan hewan unggas lainnya merupakan makanan yang kaya protein dan rendah lemak sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. 

Daging unggas juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Wortel

Wortel merupakan sumber antioksidan beta-karoten yang baik. Maka itu, makanan yang dikenal sehat untuk mata ini termasuk satu di antara makanan untuk mencegah rambut rontok.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A dalam wortel penting untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala sehingga rambut terlihat sehat dan berkilau.

Bayam

Makanan untuk mencegah rambut rontok lainnya adalah bayam. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat besi, beta-karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam yang mampu menjaga folikel rambut tetap sehat.

Selain beberapa kandungan di atas, bayam mengandung asam omega-3, kalium, magnesium, dan kalsium untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan Pencegah Rambut Rontok

Brokoli

Seperti bayam, sayuran berwarna hijau tua ini merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik. Brokoli membantu menghasilkan sebum yang berperan sebagai kondisioner rambut alami.

Walnut

Walnut—semacam kacang kenari—termasuk makanan pencegah rambut rontok. Makanan ini memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan biotin (vitamin B7) serta vitamin E yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA.

Apabila Anda kekurangan biotin, kerontokan rambut tidak bisa dihindari. Biotin dan vitamin B6 bekerja pada rambut rontok dengan memperkuat folikel rambut.

Stroberi

Makanan pencegah rambut rontok berikutnya adalah buah stroberi. Buah ini termasuk satu di antara buah dengan kadar vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini yang berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kulit dan rambut.

Vitamin C juga berguna untuk penyerapan zat besi yang termasuk nutrien lain untuk mencegah kerontokan rambut.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/10/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer