Sukses


Contoh-Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

Bola.com, Jakarta - Kata pengantar memiliki fungsi yang vital dalam sebuah karya tulis, seperti makalah. Sebab, tiap penyusunan makalah diperlukan kata pengantar supaya pembaca bisa paham pokok bahasan karya tulis yang dibuat oleh penulis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengantar adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Cara membuat kata pengantar yang baik dan benar perlu berisi struktur yang benar pula. Adapun susunannya, kata pengantar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan penutup.

Sedangkan dalam peletakannya, kebanyakan kata pengantar ditaruh di bagian halaman awal suatu karya tulis setelah judul atau cover.

Untuk memudahkan dalam proses penulisannya, kamu dapat menyimak beberapa contoh kata pengantar untuk karya tulis makalah, di bawah ini.

Berikut ini contoh-contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar, yang bisa jadi bahan referensi, dikutip dari laman Yuksinau dan Saungwriter, Senin (14/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 1

Puji syukur kehadirat Allah Swt. atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman untuk para pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 2 Februari 2018

 

Penyusun

3 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 2

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat". Atas dukungan moral dan material yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

Bapak Manarul, M.Pd, selaku kepala sekolah Yuksinau, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.

Bapak Demas, M.Pd, selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.

Ibu Siti, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan, kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 20 Maret 2018

 

Bara Mukti

4 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 3

Segala puji bagi Allah Swt. yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan makalah mata kuliah "KIMIA DASAR". Selawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad saw. yang telah memberikan pedoman hidup yakni Al-Qur’an dan sunah untuk keselamatan umat di dunia.

Makalah ini merupakan satu di antara tugas mata kuliah Kimia Dasar di program studi teknik lingkungan Fakultas teknik pada Universitas Indonesia. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra. Nikmah, Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Kimia Dasar dan kepada segenap pihak yang telah memberikan bimbingan serta arahan selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini maka itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

 

Jakarta, 5 Juni 2018

 

Penulis

5 dari 5 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 4

Puji dan syukur penulis persembahkan kepada Allah Swt. Dengan rida dan rahmat-Nya, penulis akhirnya bisa menyelesaikan makalah ini tepat waktu.

Makalah dengan judul "Pentingnya Mempelajari Sejarah" disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah. Selain itu, penulis juga berharap bahwa penyusunan makalah ini bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan, khususnya para pelajar yang saat ini sedang belajar sejarah.

Seiring dengan makin berkembangnya waktu, makin banyak remaja yang belum menyadari pentingnya belajar sejarah. Padahal, ilmu yang sering dianggap membosankan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita.

Makalah ini akan bisa memberikan pemahaman baru tentang sejarah. Oleh karena itu, penulis berharap ada banyak orang yang berkenan membaca penelitian sederhana ini.

Segala kekurangan yang terdapat pada makalah ini sepenuhnya milik penulis. Penulis terbuka untuk menerima kritik dan saran dari para pembaca.

Semoga karya sederhana ini bisa menambah wawasan para pembaca.

 

Solo, 13 Juni 2020

 

Penulis

 

 

Sumber: Yuksinau, Saungwriter

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer