Sukses


7 Cara Hilangkan Bau Apek Baju di Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Saat musim hujan, satu di antara masalah yang kerap terjadi dan menjengkelkan banyak orang adalah aroma baju yang menjadi bau apek.

Hal tersebut dikarenakan matahari tidak bersinar terik seperti biasanya, yang membuat baju tidak kering secara maksimal saat dijemur. Alhasil, baju yang sudah dicuci bukannya wangi, tetapi malah bau tak sedap.

Jika dibiarkan, dapat membuat bakteri tumbuh sekaligus bisa merugikan Anda. Tentunya Anda tidak mau baju kesayangan mengeluarkan aroma tak sedap saat digunakan. Bisa-bisa bikin percaya diri turun.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, masalah ini sebetulnya bisa diatasi dengan beberapa cara.

Berikut ini beberapa cara simple hilangkan bau apek baju di musim hujan, yang bisa Anda pratikkan, disadur dari Liputan6, Jumat (18/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Bau Apek Baju di Musim Hujan

1. Mencuci dengan Air yang Bersih

Siapkan air bersih untuk merendam baju. Sebaiknya tidak mencampur terlebih dahulu dengan detergen atau sabun cuci.

Biarkan dulu rendam dengan air bersih. Jika sudah memasukkan detergen, jangan terlalu lama merendamnya karena bisa menyebabkan bau tak sedap akibat detergen yang menempel pada baju.

2. Memberi Pewangi dan Pelembut Baju

Berilah pewangi dan pelembut sesuai selera. Selain menambahkan keharuman pada baju, pelembut memiliki ekstrak untuk mengeringkan baju lebih cepat.

3. Penjemuran dengan Diangin-anginkan

Lantaran kurangnya sinar matahari, sebaiknya proses penjemuran di tempat yang biasa dilalui angin. Jika memang tidak ada angin, kipas angin juga bisa menjadi pilihan.

3 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Bau Apek Baju di Musim Hujan

4. Tidak Menumpuk Baju

Jika baju sudah benar-benar kering, angin-anginkan sebentar dan jangan langsung ditumpuk begitu saja. Tumpukan baju dapat menyebabkan bau apek. Setelah itu setrika dan masukkan ke lemari agar tidak terhinggap jamur dan bau tak sedap muncul kembali.

5. Menyetrika Baju

Setelah baju kering, sebaiknya baju langsung disetrika. Selain biar rapi, panas dari setrika bertujuan untuk membantu proses pengeringan baju dengan sempurna.

4 dari 4 halaman

Cara Hilangkan Bau Apek Baju di Musim Hujan

6. Gunakan Gantungan Baju

Saat menjemur baju di dalam rumah, lebih baik gantungkan dengan menggunakan hanger baju. Hal ini akan membuat proses pengeringan baju lebih merata.

7. Jemur Baju Dekat Lampu

Cara agar baju tidak bau apek selanjutnya adalah dengan menjemur baju dekat lampu. Lampu bisa memancarkan panas. Hal ini akan membuat baju menjadi lebih cepat kering. Cara ini juga bisa berguna saat harus mengeringkan baju di malam hari saat baju harus digunakan besok pagi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Azwar Anas. Published: 5/11/2015)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer