Sukses


6 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor agar Tahan Lama serta Meminimalkan Risiko Kecelakaan

Bola.com, Jakarta - Sebagai pemiliki kendaraan, Anda jangan sampai menyepelekan kondisi gear dan rantai motor. Apalagi jika motor sering dipakai sehari-hari.

Sebab, komponen ini punya fungsi penting pada motor, yaitu sebagai penerus putaran dari mesin ke roda belakang.

Jika kondisi gear dan rantai motor kurang baik, dapat menyebabkan beberapa risiko. Satu di antara risikonya ialah dapat menyebabkan kecelakaan.

Itulah mengapa, Anda mharus memperhatikan kondisi gear dan rantai motor secara berkala supaya performa motor kesayangan tetap optimal dan tidak cepat menurun.

Ada beberapa perawatan gear dan rantai motor yang bisa dilakukan sendiri agar tetap awet.

Berikut ini beberapa cara merawat gear dan rantai motor yang bisa Anda lakukan sendiri, disadur dari Liputan6, Senin (21/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

1. Memberi Pelumas pada Gear dan Rantai Motor

Cara merawat gear dan rantai motor yang pertama adalah dengan menggunakan pelumas. Cara yang satu ini memang terbukti efektif serta tidak membutuhkan banyak waktu jika dilakukan.

Hanya dengan menyemprotkan langsung ke permukaan gear set dan rantai sudah bisa menjaga performa motor.

Menggunakan pelumas juga bisa membuat kondisi gear menjadi tetap basah. Jika rantai dan gear kering serta tercemar kotoran maka potensi kerusakan akan makin besar, hal ini karena kotoran dan kondisi gear yang kering bisa membuat lapisan gear menjadi makin terkikis.

2. Rutin Membersihkan Gear dan Rantai Motor

Gear dan rantai motor harus bersihkan paling tidak minimal sebulan sekali menggunakan air dan sabun untuk merontokan berbagai kotoran yang menempel pada gear motor. Setelah Anda bersihkan, sebaiknya lumasi kembali agar gear dan rantai tidak rusak dan tetap aman.

Membersihkan gear dan rantai motor harus rutin dilakukan sebab komponen ini termasuk bagian yang paling gampang kotor pada motor. Hal ini terjadi karena gear motor sering terkena debu, air hujan, dan pasir bahkan terkadang lumpur juga menempel pada gear motor.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

3. Perhatikan Posisi Gear dan Rantai Motor

Cara berikutnya, yakni dengan selalu memperhatikan posisi dari gear dan rantai motor. Sebaiknya Anda selalu setel gear dan rantai pada posisi tengah atau center, hal ini bertujuan agar saat berkendara menjadi lebih nyaman.

Setiap pabrik dari motor tentu sudah memberikan semacam tanda pada ujung lengan penjepit roda semacam garis-garis yang berguna sebagai alat memastikan roda sepeda motor terpasang dengan lurus.

Kendati masing-masing memiliki ukuran gear dan rantai motor yang berbeda-beda, semuanya memiliki alat ini.

Cara menggunakan alat ini adalah dengan mengendorkan baut pada roda belakang, lemudian Anda tinggal menyesuaikan kedudukannya. Jika sudah pas maka Anda tinggal mengencangkan kembali baut tersebut.

4. Ganti Gear dan Rantai secara Berkala

Mengganti gear secara berkala termasuk satu di antara cara untuk merawat gear dan rantai motor tetap awet.

Seiring berjalannya waktu gear dan rantai bisa mengalami aus dan akan menghasilkan suara yang kasar. Jika Anda mengalami hal tersebut maka sebaiknya segera ganti gear dan rantai sepeda motor Anda dengan yang baru dan lebih dianjurkan ganti satu set agar nyaman digunakan.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Gear dan Rantai Motor

5. Mencuci Gear dan Rantai saat Kehujanan

Pada saat motor kehujanan atau bahkan kebanjiran, sebaiknya segera untuk melakukan penyemprotan gear dan rantai dengan air yang bersih. Setelah kering jangan lupa memberi pelumas agar tidak menimbulkan karat pada gear dan rantai akibat kotoran yang terbawa air hujan maupun banjir.

6. Hindari Menggunakan Oli Bekas

Terkadang pemilik sering memakai oli bekas guna melumasi gear dan rantai motor. Hal ini satu di antara contoh yang salah. Untuk melumasi gear dan rantai motor memiliki pelumas khusus, dan jika oli bekas yang dipakai akan menimbulkan kerusakan sehingga bisa membuatnya menjadi tidak awet.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Arief Aszhari, Editor: Amal Abdurachman. Published: 27/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer