Sukses


Manfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik, Bisa Tingkatkan Produktivitas

Bola.com, Jakarta - Mendengarkan musik merupakan suatu kegiatan yang banyak disukai orang. Mendengarkan musik sering dijadikan solusi saat seseorang merasa jenuh atau stres.

Mendengarkan musik bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lain seperti belajar, olahraga, dan bekerja. Tak bisa dimungkiri, bagi kebanyakan orang, bekerja sambil mendengarkan musik bisa membuat lebih bersemangat

Jadi, saat sedang bekerja dan merasa lelah atau kurang produktif, cobalah untuk mendengarkan beberapa lagu. Musik tidak hanya sebagai sumber kesenangan, tetapi banyak manfaat yang didapatkan saat mendengarkannya.

Namun, untuk mendapatkan beragam manfaat harus mendengarkan genre musik yang disukai. Dengan melakukan hal ini, tentu manfaatnya akan lebih cepat dirasakan.

Bagi yang bisa bekerja sambil mendengarkan musik tentu penting mengetahui manfaatnya. Apa saja manfaat bekerja sambil mendengarkan musik?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat bekerja sambil mendengarkan musik, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (22/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

1. Meningkatkan Produktivitas

Mendengarkan musik saat bekerja bisa meningkatkan produktivitas. Beberapa penelitian yang bertujuan untuk menelaah kaitan antara mendengarkan musik serta performa saat melakukan tugas repetitif menunjukkan, bekerja sambil dengar musik dapat menunjang produktivitas.

Beberapa penelitian yang lebih baru juga mengatakan bahwa sebetulnya, peningkatan produktivitas terjadi bukan karena mendengarkan musik secara langsung, tetapi karena peningkatan mood yang terjadi saat mendengarkan musik tersebut.

3 dari 7 halaman

2. Memperbaiki Mood

Faktanya, mendengarkan musik saat bekerja dapat memperbaiki mood. Tak bisa dimungkiri, adakalanya seseorang merasa jenuh saat bekerja. Biasanya terjadi perubahan mood di mana suasana hati menjadi buruk.

Bila dilihat dari sisi ilmiah, mendengarkan alunan melodi yang disukai dapat menunjang peningkatan pelepasan hormon dopamin di otak.

Dopamin adalah hormon yang berperan dalam perasaan senang dan bahagia. Maka itu, dengan meningkatnya kadar dopamin di dalam tubuh, mood seseorang pun jadi ikut meningkat.

Perasaan yang dialami saat mendengarkan musik bisa dikatakan serupa dengan rasa senang saat berbicara santai dengan teman akrab yang sudah lama tidak bertemu, atau memakan kue favorit.

4 dari 7 halaman

3. Lebih Fokus dalam Bekerja

Selain membuat mood lebih terjaga, mendengarkan musik saat bekerja bisa sebagai solusi untuk mengabaikan suara di keramaian. Khususnya bila seseorang bekerja di kantor dengan kubikel terbuka yang padat.

Dengan menerapkan hal ini, seseorang menjadi tidak terganggu oleh suara ramai dan dapat melakukan pekerjaan dengan lebih fokus serta efisien.

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi Stres

Sering kali saat bekerja, muncul stres akibat tekanan dari atasan, pekerjaan yang menumpuk, dan lain-lain. Dengan mendengarkan lagu favorit akan membuat Anda lebih rileks dan otomatis akan mengurangi stres.

Saat pikiran stres, pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan maksimal. Untuk itu, istirahatlah sejenak dan dengarkan musik kesayangan Anda.

6 dari 7 halaman

5. Memotivasi

Mendengarkan musik saat bekerja dapat memberikan semangat serta motivasi. Bisa jadi, muncul ide-ide cemerlang baru yang pastinya akan berpengaruh terhadap kinerja yang meningkat hingga kenaikan gaji atau jabatan.

7 dari 7 halaman

Tips Mendengarkan Musik saat Bekerja

- Mendengarkan musik di tempat kerja sebaiknya dibatasi hanya sekitar 15-30 menit, guna mengembalikan konsentrasi yang mungkin sempat buyar serta meningkatkan produktivitas. Selain itu, hal ini juga akan membuka peluang bagi Anda untuk bersosialisasi dengan teman-teman sekantor.

- Terapkan metode 60-60, yakni mengontrol intensitas volume musik hingga maksimal 60 persen dan mendengarkan musik tidak lebih dari 60 menit. Hal ini untuk mencegah gangguan pendengaran akibat penggunaan

- Menggunakan headphone yang besar lebih dianjurkan sehingga suara lebih terdistribusi dan lebih menutup suara bising dari luar dibandingkan earphone yang kecil.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/11/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer