Sukses


6 Cara Membersihkan Tubuh dan Detoks secara Alami dengan Makanan

Bola.com, Jakarta - Banyak cara yang bisa Anda gunakan agar selalu sehat dan menjauhi segala jenis risiko penyakit. Satu di antaranya dengan cara membersihkan tubuh atau detoksifikasi.

Saat Anda mengonsumsi makanan, ada senyawa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan harus segera dikeluarkan. Jika terus mengendap bisa berpotensi menimbulkan penyakit.

Perlu diketahui, hingga 80 persen dari sistem kekebalan tubuh terkonsentrasi di usus. Jika tubuh melakukan detoks dengan benar, Anda akan memiliki kekuatan untuk menghindari beragam jenis penyakit.

Tidak hanya melakukan gaya hidup secara sehat seperti berolahraga dan memiliki waktu tidur yang cukup. Membersihkan serta detoks tubuh bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat.

Berikut enam cara membersihkan tubuh dan detoks secara alami dengan makanan, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (21/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Detoks Tubuh Secara Alami dengan Makanan

1. Alpukat Menghilangkan Bahan Kimia dari Hati

Alpukat dapat menurunkan kolesterol dan melebarkan pembuluh darah, sambil memblokir toksisitas yang menghancurkan arteri.

Alpukat mengandung nutrisi yang disebut glutathione, yang memblokir setidaknya 30 karsinogen yang berbeda sambil membantu hati mendetoksifikasi bahan kimia sintetis.

Bagi pengidap tekanan darah tinggi, buah-buahan ini sangat berharga karena membantu menurunkannya secara alami dan membantu menghindari risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Aprikot Segar dan Kering Menghilangkan Sembelit

Aprikot kering dikenal karena efek pencahar alaminya. Jika Anda rentan terhadap sembelit, makanan ini akan memberi Anda efek pembersihan, bertindak sebagai "sikat" alami untuk berbagai racun yang ada di dalam tubuh Anda.

Aprikot segar memiliki sejumlah besar serat, yang membantu Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama dan sementara itu memberi makan bakteri baik di usus Anda.

Buah ini kaya akan anti-oksidan dan tidak hanya meningkatkan pembersihan alami yang baik, tetapi juga membantu mata Anda tetap sehat.

3 dari 4 halaman

Cara Detoks Tubuh Secara Alami dengan Makanan

3. Nanas Memecah Kolesterol

Nanas merupakan buah yang mengandung bromelain pembakar lemak alami, yang membantu tubuh kita memecah protein dan mencernanya.

Nanas sangat efektif dalam memecah kolesterol dan berbagai jenis racun lainnya, serta mengeluarkannya dari tubuh. Mereka mengencerkan darah dan memecah gumpalan darah.

Nanas paling baik jika dimakan segar dan nanas kalengan tidak disarankan karena enzim bromelain dihancurkan dalam proses pengalengan.

4. Grapefruit Memberi Energi Ekstra dan Membentuk Pinggang

Grapefruit mengandung nootkatones, yang merupakan senyawa kimia yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan berat badan. Mereka juga tinggi serat, yang membuat Anda kenyang serta dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Dasar dari detoksifikasi grapefruit adalah aturan golden grapefruit: nikmati setengah grapefruit setiap kali makan selama seminggu untuk mendapatkan dosis nutrisi tambahan, seperti serat dan vitamin A dan C.

4 dari 4 halaman

Cara Detoks Tubuh Secara Alami dengan Makanan

5. Mentimun secara Alami Menyegarkan Napas

Air dari mentimun mencegah mulut kering dan membersihkan sisa makanan yang tidak diinginkan yang mungkin ada setelah makan. Mirip dengan apel, faktor crunch juga membantu merangsang produksi air liur yang membantu menghidrasi mulut Anda.

Faktanya, mengunyah sepotong mentimun di antara lidah dan langit-langit mulut Anda membantu membatasi bau. Sayuran renyah juga membantu menghilangkan plak pada gigi dan gusi, yang dapat menjadi makanan bakteri.

6. Spirulina Membantu Melawan Bau Badan

Spirulina merupakan alga yang tumbuh baik di air tawar maupun air asin. Bahan ini dianggap satu di antara yang paling kuat dalam membersihkan darah dari logam berat.

Namun, yang paling menarik dari bubuk hijau ini adalah kemampuan bahan utamanya, klorofil, untuk menetralkan bau badan. Klorofil disebut oleh dokter sebagai "deodoran internal" dan dengan mengonsumsinya, tubuh akan berbau segar.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Sulung Lahitani. Published: 20/11/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer