Sukses


8 Cara Ampuh agar Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang merasa tidak segar ketika bangun di pagi hari, padahal telah memiliki waktu tidur yang cukup. Akibatnya mereka mudah lelah dan tidak fokus dalam menjalani hari.

Kualitas tidur bisa memengaruhi banyak hal, beberapa di antaranya seperti kesehatan tubuh dan suasana hati.

Ketika seseorang merasa kurang segar akibat tidak memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari, banyak keluhan yang pasti dirasakan, seperti mudah ngantuk dan sakit kepala.

Di sisi lain, banyak hal yang memengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari sehingga menyebabkan Anda tidak merasa segar ketika bangun di pagi hari.

Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan agar kita bisa bangun dalam kondisi segar dan siap menjalani aktivitas sehari-hari sepanjang hari?

Berikut delapan cara ampuh agar bangun lebih segar di pagi hari, yang bisa coba Anda terapkan, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (23/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh agar Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

1. Hindari Kafein, Alkohol, dan Nikotin 

Kafein merupakan kandungan pada kopi, yang berguna untuk membuat Anda tetap terjaga. Jika ingin bangun tidur dalam keadaan segar, jauhi kafein, alkohol, nikotin antara 4-6 jam sebelum tidur.

2. Ubah Suasana Kamar

Lingkungan kamar yang tenang dan sejuk dapat bantu Anda lebih mudah tertidur. Jauhkan komputer, televisi, dan gawai dari jangkauan. Cara ini dapat membantu memusatkan pikiran Anda untuk bisa tertidur tanpa gangguan.

3. Buat Kebiasaan sebelum Tidur 

Cobalah membuat kebiasaan rutin sebelum Anda tidur. Contoh kebiasaan yang dimaksud, yaitu mandi sebelum tidur, membaca buku, atau bermeditasi.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh agar Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

4. Matikan Lampu Kamar

Ingin segar saat bangun tidur? Matikan lampu kamar tidur Anda. Penelitian menyebutkan, tidur dalam ruangan gelap membuat tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon tersebut dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

5. Waktu Tidur Konsisten 

Bangun dan memulai tidur pada waktu yang sama setiap hari dapat mengaktifkan "jam alami" tubuh.

Dengan demikian, tubuh akan terbiasa dengan aturan tersebut dan akan secara otomatis menyesuaikan diri untuk tidur atau bangun di waktu yang sama.

6. Jauhkan Gawai saat Mendekati Waktu Tidur

Kebiasaan memeriksa handphone pertama kali saat bangun tidur membuat benda ini sering diletakkan di samping kasur. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mengganggu Anda untuk merasa segar saat bangun pagi.

Faktanya, handphone dan gadget sejenis membuat Anda terpapar dengan blue light. Cahaya ini dianggap dapat merangsang otak dan menghalangi tubuh memproduksi hormon melatonin yang mengatur tidur.

Maka itu, sebaiknya jauhkan handphone dan gadget lainnya saat waktu tidur Anda sudah dekat.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh agar Bangun Lebih Segar di Pagi Hari

7. Hindari Makan sesaat Sebelum Tidur 

Agar segar saat bangun pagi, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat mendekati jam tidur.

Faktanya, konsumsi makan berat—termasuk yang tinggi karbohidrat—sebelum waktu tidur dapat membuat Anda merasa mulas atau kembung. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur.

8. Olahraga Teratur

Olahraga rutin yang dilakukan setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, agar Anda segar bangun pagi, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer