Sukses


8 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Bola.com, Jakarta - Telinga kemasukan air menjadi satu di antara kejadian yang dapat kita alami sehari-hari. Mungkin Anda panik saat mengalaminya sehingga Anda perlu mengetahui cara mengatasinya.

Anda mengalami telinga kemasukan air, semisal ketika berenang ataupun mandi.

Sebaiknya Anda tidak menganggap remeh telinga kemasukan air karena bisa berpotensi membuat telinga Anda infeksi jika air tidak segera dikeluarkan. Hal ini disebut juga swimmer's ear.

Hal lain, telinga yang kemasukan air bisa membuat pendengaran Anda menjadi kurang jelas. Tentunya Anda tidak ingin pendengaran Anda terganggu.

Saat Anda mengalami telinga kemasukan air, jangan khawatir, ada beberap cara untuk mengatasinya yang bisa Anda lakukan sebagai penanganan awal.

Perlu diingat, hindari memasukkan cotton bud atau benda apa pun untuk membantu air keluar karena hanya akan meningkatkan risiko infeksi. Jika perlu, Anda bisa mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut cara mengatasi telinga yang kemasukan air, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (23/3/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

1. Goyangkan telinga sambil memiringkan kepala

Cara mengatasi telinga kemasukan air yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah dengan menggoyangkan telinga. Caranya, tarik dan goyangkan daun telinga dengan lembut sambil miringkan kepala ke arah bahu.

Dengan melakukan teknik umum dan sederhana ini usai kemasukan air, Anda dapat membantu air yang terperangkap pada saluran telinga keluar dengan sendirinya.

2. Berbaring menyamping

Anda dapat mengeluarkan air dari telinga dengan hanya berbaring menyamping. Dengan cara ini, gravitasi akan membantu air keluar dari telinga Anda.

Anda hanya perlu berbaring miring dengan telinga yang kemasukan air berada di bawah selama beberapa menit. Lalu, air akan keluar dengan perlahan. Bisa juga menaruh handuk di bawah telinga untuk menyerap air.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

3. Lakukan cupping method

Cara mengeluarkan air yang masuk telinga lainnya adalah dengan melakukan cupping method.

Caranya, miringkan kepala ke samping, lalu tutup telinga yang kemasukan air dengan telapak tangan. Dengan begitu, air dapat tertarik keluar.

4. Kompres dengan air hangat

Sering kali air yang terperangkap di dalam telinga sulit keluar akibat banyaknya kotoran telinga yang menghalangi. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya.

Letakkan handuk yang telah direndam air hangat di telinga selama 30 detik, lalu lepas handuk sebentar. Ulangi cara ini sebanyak 4-5 kali.

5. Gunakan pengering rambut

Gunakan pengering rambut pada telinga dengan jarak 30 sentimeter sambil menggerak-gerakkan kepala. Pasang suhu panas yang paling rendah agar tidak mencederai kulit telinga Anda.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

6. Menguap atau mengunyah

Air yang terperangkap dapat juga masuk sampai ke telinga bagian tengah. Untuk membantunya keluar, Anda hanya perlu menggoyangkan mulut agar saluran telinga terbuka sehingga air dapat keluar.

Biar lebih mudah, Anda dapat mengunyah permen atau coba menguap agar saluran telinga terbuka.

7. Masukkan sedikit lagi air ke dalam telinga

Cara ini harus dilakukan dengan cepat. Masukkan air ke dalam telinga yang bermasalah, lalu diamkan selama lima detik. Setelah itu, dengan cepat balik posisi kepala ke arah berlawanan untuk mengeluarkan kembali air tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

Gunakan alkohol dan cuka

Anda dapat membuat tetes telinga dengan campuran alkohol dan cuka. Cara mengatasi telinga kemasukan air ini bisa dilakukan ketika berbagai cara di atas belum berhasil.

Alkohol dapat membantu menguapkan air serta menghambat pertumbuhan bakteri. Sedangkan cuka dapat membantu melunakkan kotoran telinga.

Campurkan alkohol dan cuka dengan perbandingan yang sama. Lalu, dengan alat tetes yang steril, masukkan 3-4 tetes larutan ke dalam telinga dan tunggu selama 30 detik. Setelah itu, miringkan kepala ke samping agar air yang terperangkap dapat keluar.

Jika Anda telah menderita infeksi telinga bagian luar atau memiliki gendang telinga yang pecah, tetes alkohol dan cuka ini tidak direkomendasikan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (28/1/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer