Sukses


Cara Membuat Google Form di Ponsel, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Google Form merupakan satu di antara layanan Google yang kerap dipakai untuk melakukan sebuah survei secara online.

Sebab, layanan Google Form dianggap mudah dibuat, gampang disebar, dan hasilnya bisa dimasukkan ke Google Sheet. Alhasil, Anda selaku surveyor akan lebih mudah dan praktis dalam melakukan penelitian.

Layanan Google ini kerap dimanfaatkan tidak hanya oleh pribadi, melainkan juga organisasi, hingga kebutuhan bisnis atau korporasi.

Google Form juga bisa dipakai untuk memberikan kuis, mengumpulkan data informasi untuk keperluan tertentu, seperti formulir pendaftaran sebuah acara, atau lainnya.

Biasanya seseorang akan menggunakan komputer atau laptop untuk membuat Google Form. Namun, saat ini, untuk membuat Google Form pengguna bisa membuatnya melalui ponsel tanpa harus membuka laptop/PC terlebih dahulu.

Namun, tak sedikit yang masih kebingungan cara membuatnya yang baik dan benar. Padahal, cara membuat Google Form melalui ponsel terhitung simple.

Berikut ini cara membuat Google Form di ponsel, yang bisa dilakukan dengan mudah, dinukil dari laman Lewatonline, Kamis (24/3/2022).

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Google Form di Ponsel

Berikut langkah-langkah membuat Google Form di ponsel:

  • Buka alamat website https://docs.google.com/forms menggunakan browser internet pada ponsel Android atau iPhone Anda.
  • Agar lebih rapi dan nyaman dalam mengedit setting browser untuk menampilkan versi Desktop, dengan cara tap/pilih di menu setting browser kemudian ceklis Desktop site.
  • Lalu mulai membuat formulir. Untuk mudah dan cepatnya bisa menggunakan template atau tema yang telah disediakan atau pilih yang kosong karena kita akan membuat dan menyesuaikannya sendiri. Lalu edit formulir Anda dengan memberikan nama formulir, deskripsi formulir, pertanyaan dan jenis format isian jawaban (jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, drop-down, dan lain-lain).
  • Buat pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda yang Anda tentukan untuk dipilih oleh responden.
  • Kemudian tambahkan pertanyaan lainnya dengan memilih tanda + (tambah) di sebelah kanan.
  • Tambahkan pertanyaan atau isian yang harus diisi.
  • Tambahkan lagi pertanyaan yang diinginkan.
  • Agar Google Form lebih menarik, tambahkan foto header formulir Anda dengan cara pilih menu kotak cat warna > Pilih gambar > Unggah > Pilih gambar/foto yang ingin digunakan > Crop dan Selesai.
  • Selain foto header, Anda bisa juga menyesuaikan warna tema, pilih warna yang diinginkan.
  • Pada tahap ini, Google Form Anda sudah selesai dibuat. Sekarang saatnya mengirim atau mendapatkan link Google Form untuk dibagikan ke responden dengan cara pilih Kirim.
  • Anda bisa mengirim link kuisioner online Google Form melalui email atau menyalin link dengan cara pilih logo link.
  • Sekarang Google Form Anda sudah jadi dan bisa untuk dibagikan kepada target responden.

 

Sumber: Lewatonline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer