Sukses


Doa Memohon agar Ibadah Puasa Diterima

Bola.com, Jakarta - Dalam melakukan suatu ibadah, tentunya kita berharap agar ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah Swt. sehingga pahala serta keutamaannya bisa didapatkan.

Pahala yang kita miliki berguna dalam menjalani kehidupan di dunia, begitu juga kehidupan kita di akhirat kelak.

Satu di antara ibadah yang kerap dilakukan umat muslim adalah puasa. Puasa wajib hanya dilakukan ketika bulan Ramadan tiba, tetapi ada beberapa puasa sunah yang bisa dilakukan untuk mendulang pahala.

Syarat puasa diterima, yaitu dengan menjauhi segala hal yang membatalkannya, serta berusaha menahan diri dari gejolak emosi.

Jiwa yang tidak tenang dan mudah terbawa emosi bisa menjadi penghalang serius dan menyebabkan rusaknya pahala puasa yang dijalankan.

Supaya puasa kita diterima, kita perlu menjaga diri dan selalu memanjatkan doa agar segala amalan yang kita lakukan ketika berpuasa diterima oleh Allah Swt.

Berikut doa memohon agar ibadah puasa diterima oleh Allah Swt., seperti disadur dari Dream, Kamis (24/3/2022).

2 dari 3 halaman

Doa agar Ibadah Puasa Diterima

Doa agar Amalan Puasa Diterima

Allahumma taqabbal minni shauma yaumin. Allahumma taqabbal minni sholatan. Allahumma taqabbal minni hasanatan. Innama yataqabbalallaahu minal muttaqin.

Artinya :

" Ya Allah, terimalah dariku puasa hari ini. Ya Allah, terimalah salat dariku. Ya Allah, terimalah kebaikan-kebaikan dariku. Sesungguhnya Allah hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa."

3 dari 3 halaman

Doa Istigfar dari Perbuatan Berpotensi Riya

Hati-hati dalam beramal karena ada bahaya riya mengintai. Pesan itu sering kita dengar dari para pendakwah, ustad, atau guru mengaji kita. 

Riya adalah satu di antara penyakit hati yang harus dihindari. Dampaknya sangat besar terhadap catatan amal kita. Ini merupakan syirik kecil karena membuat kita lupa sejenak kepada Allah.

Kita tergoda untuk mengunggulkan diri dalam beramal sehingga muncul kesombongan. Hal ini bisa tanpa sadar kita lakukan dalam segala situasi. Apalagi ketika kita bersedekah, bisa muncul dorongan diri lebih unggul dibandingkan yang lain.

Potensi ini sebisa mungkin dihindari. Meski sulit, pasrahkan pada Allah. Kemudian segera memohon ampunan dengan membaca lafal doa istigfar ini:

Allahumma inni astagfiruka min kulli 'amalin aradtu bihi wajhaka fakholathoni fihi ma laisa laka.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon ampunan kepada-Mu dari setiap amal yang aku tujukan hanya kepada-Mu, tetapi kemudian di dalamnya terkotori dengan tujuan selain kepada-Mu."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis:  Ahmad Baiquni. Published: 1/9/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer