Sukses


Macam-Macam Tanaman Pengusir Nyamuk Demam Berdarah, Insektisida Alami

Bola.com, Jakarta - Demam berdarah menjadi satu di antara penyakit yang wajib Anda waspadai, terutama pada musim penghujan.

Hal ini karena saat musim hujan banyak menimbulkan genangan air, yang menjadi satu di antara sarang dan tempat berkembangnya nyamuk, termasuk nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.

Usaha memutus perkembangbiakan nyamuk dan perkembangan larva nyamuk dapat dilakukan dengan secara rutin menguras bak mandi, menghindari genangan air, dan memantau wadah penampung air seperti vas bunga dan bak kamar mandi.

Selain itu, Anda dapat menanam ataupun merawat beberapa jenis tanaman yang diketahui bisa mengusir nyamuk demam berdarah. Ya, di sekitar kita ada beberapa macam tanaman yang bisa diandalkan sebagai tanaman pembasmi nyamuk demam berdarah.

Dengan menggunakan berbagai tanaman tersebut sebagai insektisida alami maka pembasmian nyamuk akan lebih bersahabat bagi lingkungan.

Berikut macam-macam tanaman pengusir nyamuk demam berdarah, yang bisa Anda siapkan ataupun rawat di rumah, disadur dari Klikdokter, Kamis (24/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk Demam Berdarah

1. Daun sirih

Dijelaskan dalam Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan tahun 2013 yang diterbitkan oleh Badan Litbang Kemenkes RI Baturaja, kandungan bahan aktif alkaloid, fenol dan kavikol pada tanaman merambat ini dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan perkembangbiakan nyamuk.

2. Kunyit

Masih dari jurnal yang sama, kandungan minyak atsiri dalam tanaman kunyit berguna sebagai bahan pembasmi nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain itu, jika dikonsumsi, kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah.

3. Melati

Penelitian yang dilakukan oleh Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (BALABA) Ciamis, menemukan hasil bahwa melati merupakan tanaman yang memiliki efektivitas paling tinggi dibandingkan dengan tanaman lainnya dalam pembasmian nyamuk.

Bagian bunga dari tanaman melati mengandung minyak atsiri, yang biasa digunakan untuk menghalau nyamuk.

4. Serai

Sebagai tanaman yang cukup banyak ditanam oleh masyarakat karena digunakan untuk memasak, menurut BALABA, tanaman serai juga efektif menghalau nyamuk berkat kandungan atsiri dan sitronela di dalamnya.

Itulah mengapa, serai kerap diandalkan sebagai bahan dasar obat pengusir nyamuk. 

Gunakan air yang diberikan potongan serai sebagai penyegar ruangan atau rebus serai dan gunakan airnya untuk mengepel lantai rumah Anda agar nyamuk enggan bertamu.

3 dari 3 halaman

Tanaman Pengusir Nyamuk Demam Berdarah

5. Pisang raja

Ternyata, tanaman buah berwarna kuning ini juga bisa membasmi nyamuk. Flavonoid dan saponin yang ada pada ekstrak kulit pisang raja efektif dalam mematikan larva nyamuk Aedes aegypti.

Kedua senyawa tersebut bekerja dengan menghambat saluran pencernaan nyamuk serta bersifat toksik bagi larva nyamuk. Hal ini dijelaskan dalam jurnal Higiene tahun 2016.

6. Cengkih

Minyak atsiri pada daun cengkih mengandung zat eugenol yang bekerja memengaruhi sistem saraf nyamuk. Selain itu, sama seperti pada pisang raja, Cengkih – atau sering disebut cengkeh – juga memiliki flavonoid yang melumpuhkan saraf pernapasan nyamuk sehingga menyebabkan kematian.

7. Rambutan

Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Andalas menemukan bahwa ekstrak etanol biji rambutan mampu mematikan larva nyamuk Aedes aegypti hingga 80 persen setelah dipaparkan selama 24 jam.

Hal ini membuktikan bahwa tanaman rambutan bisa dimanfaatkan bijinya sebagai bahan larvasida nabati. Penelitian ini dirilis dalam Jurnal Kesehatan Andalas tahun 2018.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 25/9/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer