Sukses


Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa Ramadan, Umat Muslim Wajib Hafal

Bola.com, Jakarta - Puasa di bulan Ramadan wajib hukumnya dikerjakan umat Muslim karena termasuk satu di antara rukun Islam yang keempat.

Puasa merupakan ibadah menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa mulai sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Untuk mengawali puasa Ramadan, umat Muslim diharuskan membaca niat puasa terlebih dahulu. Pasalnya, niat adalah syarat utama dan pertama yang harus diucapkan saat melaksanakan semua ibadah.

Di samping itu, saat berbuka umat Muslim diharuskan mengamalkan doa berbuka puasa karena akan mendatangkan kebaikan baginya.

Terlepas dari itu, ajakan untuk berdoa merupakan ajaran pokok dalam agama Islam yang sudah dipraktikkan sejak zaman Nabi Muhammad saw. dan para sahabatnya.

Berikut ini bacaan niat dan doa buka puasa Ramadan yang wajib dihafal umat Muslim, dikutip dari laman Suhupendidikan dan Zakat, Selasa (29/3/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Niat Puasa Ramadan

"Nawaitu shouma ghodin 'an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala."

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan karena Allah Ta'ala."

Anda tidak harus mengucapkannya, tetapi dapat berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa Ramadan yang harus dilakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa.

Niat dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Anda bisa berniat saat malam setelah salat tarawih atau ketika selesai sahur sebelum imsak.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan magrib, Anda harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia.

4 dari 4 halaman

Kewajiban Puasa Ramadan

Di bulan Ramadan, kita sebagai umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut telah disebutkan dalam Firman Allah Swt. Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

 

Sumber: Suhupendidikan, Zakat.or.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer