Sukses


Jenis-Jenis Biografi Beserta Penjelasan, Ketahui Ciri-Ciri dan Tujuan Penulisannya

Bola.com, Jakarta - Biografi adalah tulisan yang berisi tentang kisah atau cerita suatu tokoh. Secara singkat, biografi bisa disebut sebagai riwayat hidup seorang tokoh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Penulis biografi disebut biografer dan orang yang dituliskan disebut sebagai subjek atau biographee.

Biografi tidak sekadar biodata. Biografi umumnya berisi tentang perjalanan hidup seorang tokoh tersebut, liku-liku kehidupannya, deskripsi kegiatan, dan prestasi yang dicapai

Tak hanya itu, dalam biografi menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut, pengalaman pribadi yang menarik untuk diketahui orang lain, watak yang membentuk karakter sehingga ia bisa sukses.

Adapun bentuk biografi sendiri dikelompokkan menjadi empat dengan jenisnya masing-masing. Apa saja jenis-jenis biografi?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis biografi beserta penjelasan, ciri-ciri dan tujuannya, seperti dilansir dari repository.unpas.ac.id, Senin (28/3/2022).

2 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Biografi dan Tujuan Penulisannya

Sebelum membahas jenis-jenis biografi, penting diketahui dahulu ciri-ciri dan tujuan penulisannya. Berikut ini ciri-ciri biografi dan tujuan penulisannya:

Ciri-Ciri Biografi

  • Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta tentang tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi.
  • Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan.
  • Teks biografi memiliki struktur yang jelas.

 

Tujuan Penulisan Biografi

  • Memberikan edukasi kepada pembaca mengenai hal yang dapat diteladani dari kisah kehidupan seseorang.
  • Memberikan informasi tentang perjuangan di balik kesuksesan seseorang.
  • Memberikan inspirasi kepada pembaca melalui kisah tokoh yang diangkat agar lebih semangat meraih cita-cita.
  • Memberikan wawasan yang baru dan berbeda.
  • Sebagai media untuk mengenal lebih dalam kehidupan tokoh yang disoroti.
  • Memberikan motivasi kepada pembaca untuk tetap tegak menjalani segala rintangan dalam kehidupan.
3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Biografi Berdasarkan Sisi Penulis

Autobiografi

Autobiografi adalah suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut.

Biografi

Biografi adalah suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Biografi Berdasarkan Isinya

Biografi perjalanan hidup

Biografi perjalanan hidup adalah jenis biografi yang berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.

Biografi berjalan karier

Biografi berjalan karier adalah jenis biografi yang berisi sebuah perjalanan karier seorang tokoh mulai awal hingga karier yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karier dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Biografi Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

Biografi Politik

Biografi politik adalah penulisan cerita hidup tokoh suatu negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapat bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau syarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diminta untuk ditulis.

Biografi Intelektual

Biografi intelektual adalah jenis biografi yang hampir mirip dengan biografi politik. Persamaannya ada pada kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa imiah.

Biografi Jurnalistik

Biografi jurnalistik adalah sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Biografi Berdasarkan Penerbit

Buku Sendiri

Buku sendiri adalah sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai penulis, percetakan, dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.

Buku Subsidi

Buku subsidi adalah penulis biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti dilihat dari segi komersial tidak akan laku ataupun jika laku harga jual terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

 

Sumber: unpas.ac.id

Video Populer

Foto Populer