Sukses


Manfaat Ginseng bagi Kesehatan Tubuh, Tak Hanya Meningkatkan Stamina

Bola.com, Jakarta - Ginseng merupakan satu di antara tanaman herbal yang mengandung banyak khasiat. Ginseng sering dipakai untuk menambah energi atau stamina tubuh.

Itulah mengapa, ginseng banyak dikembangkan menjadi makanan dan minuman penambah energi. Berbagai minuman penambah energi biasanya menggunakan ginseng sebagai bahan utamanya.

Ginseng diketahui mengandung banyak senyawa bermanfaat. Wajar ginseng banyak digunakan untuk membantu penyembuhan hingga pencegahan penyakit.

Jadi, manfaat ginseng bagi kesehatan bisa didapatkan dengan mengonsumsinya. Meski dianggap aman untuk dikonsumsi, ginseng disebut memiliki beberapa efek samping.

Itulah mengapa, dalam mengonsumsi ginseng perlu diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti makan makanan bergizi dan olahraga secara teratur.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat ginseng bagi kesehatan yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (29/3/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Stamina

Seperti yang telah dibahas di atas, ginseng sangat berkhasiat menjaga stamina tubuh. Hal itu karena ginseng disebut mengandung zat saponin. Kandungan zat dan nutrisinya bermanfaat untuk memulihkan dan meningkatkan stamina tinggi.

Ginseng aman dikonsumsi setiap hari. Ginseng tepat untuk para atlet yang harus menjaga stamina secara konsisten.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng memiliki sifat adaptogenik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya yaitu dengan meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi di dalam darah sehingga dapat melawan infeksi.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Stres

Saat stres berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kandungan yang ada di dalam ginseng dapat membantu menghilangkan stres.

Selain itu, aroma yang dikeluarkan ginseng yang telah diolah, seperti direbus, diketahui dapat menenangkan pikiran. Ginseng biasanya digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan.

Khasiat lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan mental, mengubah suasana hati (mood), dan menghilangkan rasa lelah.

Lebih dari itu, adaptogenik pada ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.

5 dari 6 halaman

Membantu Mengatasi Insomnia

Keluhan susah tidur atau insomnia pernah dialami kebanyakan orang. Meski banyak hal yang menyebabkan insomnia, ginseng tetap dapat mengatasi keluhan ini.

Hal ini terjadi karena zat gizi di dalam ginseng dapat terserap sempurna sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak.

6 dari 6 halaman

Merangsang Sistem Saraf Otak

Beberapa riset menyatakan ginseng mampu meningkatkan memori otak dengan cara memperbaiki sel saraf otak. Pasalnya, dulu ginseng memang sering dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti demensia.

Secara tidak langsung, bisa dibilang ginseng berkhasiat meningkatkan kualitas hidup. Ginseng mengandung banyak zat aktif.

Zat yang dianggap paling penting disebut ginsenosides atau panaxosides. Ginsenosides adalah istilah yang diciptakan oleh periset Asia, dan istilah panaxosides dipilih oleh periset Rusia.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/3/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer