Sukses


Cara Bijak Mengatur Anak dalam Penggunaan Media Sosial

Bola.com, Jakarta - Media sosial sudah tak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan semua orang, terutama anak-anak dan remaja. Pada umumnya, remaja mengunjungi situs media sosial lebih dari sekali sehari, dan 75 persen memiliki ponsel yang sering digunakan untuk pesan instan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa rata-rata anak usia 8-10 tahun menghabiskan hampir delapan jam setiap hari dengan media yang berbeda, sementara anak yang lebih besar menghabiskan lebih dari 11 jam.

Data menyebutkan bahwa media sosial, seperti Facebook dan Instagram sebagai media yang disukai pada semua kelompok umur. Anak dan remaja hari ini mungkin lebih cerdas secara digital daripada orang tua mereka.

Meski begitu, jejaring sosial sebenarnya memiliki banyak keuntungan untuk anak, di antaranya memperkuat hubungan dengan teman dan keluarga, mendorong partisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat, berbagi prestasi musik dan seni, dan sebagainya.

Namun, penggunaan media sosial secara berlebih akan membawa dampak buruk bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Maka itu, orang tua wajib berperan aktif dalam mengontrol penggunaan media sosial anak.

Berikut cara bijak mengatur anak dalam penggunaan media sosial, disadur dari Klikdokter, Rabu (30/3/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Bijak Mengatur Anak dalam Penggunaan Media Sosial

Kuasai Teknologi

Penting bagi Anda untuk menguasai teknologi. Hal ini memungkinkan Anda membuat profil diri Anda dan "berteman" dengan anak Anda untuk dapat memonitor mereka secara online.

Buat Aturan

Hindari anak di bawah dua tahun untuk bersentuhan dengan layar teknologi apa pun. Selain itu, sebaiknya Anda tidak meletakkan televisi di kamar tidur anak agar ia juga tidak menghabiskan seluruh waktunya di kamar.

Berbagi Pengalaman

Ceritakan tentang pengalaman Anda dalam menggunakan media sosial kepada anak. Hal ini juga bisa menjadi cara untuk memfasilitasi percakapan sehari-hari tentang kebiasaan online anak Anda.

3 dari 3 halaman

Cara Bijak Mengatur Anak dalam Penggunaan Media Sosial

Atur Letak Komputer

Letakkan komputer di bagian yang mudah diawasi atau di bagian umum rumah Anda, seperti ruang keluarga sehingga Anda dapat memeriksa apa yang anak lakukan secara online, serta mengatur berapa banyak waktu yang mereka habiskan di sana.

Berdiskusi soal Rambu-Rambu

Terangkan ke anak pada bahwa segala sesuatu yang terkirim via internet atau telepon gengam dapat dibagikan ke seluruh dunia. Maka itu, penting bagi mereka untuk menggunakan media sosial dengan baik.

Ingatkan anak juga untuk tidak bergosip, menyebarkan rumor, mem-bully, atau merusak reputasi seseorang di media sosial.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/3/2016)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer