Sukses


4 Cara Menghindari Dehidrasi saat Menjalankan Ibadah Puasa

Bola.com, Jakarta - Rasa haus yang menjurus kondisi dehidrasi sering kali dialami oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Meski begitu, mengalami dehidrasi wajar kita rasakan. Sebab, selama hampir 13 jam lebih lamanya tubuh tidak mendapat asupan makan dan minum.

Di sisi lain, dehidrasi tidak hanya menyebabkan rasa haus saja, tetapi juga dapat menyebabkan mulut terasa kering, pusing, rasa lemas disertai sakit kepala.

Itulah mengapa, saat sedang berpuasa sebaiknya Anda tetap mengatur porsi cairan yang masuk ke tubuh.

Untuk membantu mencegah dehidrasi saat berpuasa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini beberapa cara menghindari dehidrasi saat menjalani ibadah puasa, dikutip dari laman rri.co.id, Rabu (30/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menghindari Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa

1. Perbanyak Makan Sayur, Buah, dan Makanan Berkuah

Mungkin sulit jika hanya bergantung pada air putih sebagai sumber cairan. Coba perbanyak konsumsi sayur dan buah, yang secara alami mengandung jumlah cairan yang banyak. Contohnya semangka, timun, tomat, anggur, dan lain-lain.

Selain itu, makanan berkuah yang hangat bisa menjadi sumber cairan yang dapat memberi rasa nyaman pada perut.

2. Hindari Minuman dengan Kandungan Gula Tinggi

Hindari minuman yang mengandung gula tinggi. Minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan rasa haus. Sebagai ganti sirop atau softdrink, mungkin Anda bisa mencoba berbuka dengan infused water yang dibuat menggunakan aneka buah sesuai selera.

3 dari 4 halaman

Cara Menghindari Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa

3.  Memenuhi Kebutuhan Cairan Harian

Cara sederhana dan penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah minum cukup air selama sahur. Menurut beberapa penelitian, minimal dua liter air dapat membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang berpuasa.

Namun, Anda juga harus memperhatikan cara minum. Jangan langsung ditelan semuanya sekaligus, melainkan minum secara bertahap.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein secara berlebih, seperti kopi maupun teh. Sebab, kafein memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan proses urine. Dengan begitu, tubuh akan menaikkan frekuensi buang air kecil sehingga membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghindari Dehidrasi saat Menjalani Ibadah Puasa

4. Hindari Makanan Asin, Pedas, dan Manis

Menghindari makanan asin, pedas, dan manis dapat membantu tubuh tidak gampang haus. Sebab, kandungan sodium dalam makanan tersebut dapat menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Saat Anda mengonsumsi makanan asin terlalu tinggi, air ditarik dari sel tubuh. Hal tersebut yang kemudian memicu rasa harus.

 

Sumber: rri.co.id

Dapatkan artikel cara berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer