Sukses


7 Cara Terhindar dari Badan Lemas Selama Puasa

Bola.com, Jakarta - Badan lemas merupakan keluhan yang banyak dirasakan umat Muslim ketika menjalani ibadah puasa. Hal ini karena kondisi badan lemas merupakan hal wajar terjadi bagi orang yang sedang menjalani ibadah puasa.

Pasalnya, orang yang berpuasa diwajibkan menahan makan dan minum dari fajar hingga waktu magrib sehingga selama itu tidak ada asupan yang masuk ke tubuh.

Ketika Anda mengalami permasalahan tersebut, Anda tak perlu khawatir dan cemas secara berlebihan.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dicoba untuk mengatasi badan lemas saat puasa.

Berikut ini cara terhindar dari badan lemas selama menjalankan puasa agar dapat beraktivitas tanpa hambatan, dikutip dari laman ners.unair.ac.id, Kamis (31/3/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Terhindar dari Badan Lemas Selama Menjalan Puasa

1. Makan Secukupnya

Waktu berbuka adalah waktu yang paling dinanti selama bulan puasa. Hanya, banyak orang yang "kalap' saat menyantap hidangan berbuka.

Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itulah mengapa berbuka puasa sebaiknya dengan mengonsumsi makanan secukupnya.

Anda dapat makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan, seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Setelah beberapa jam kemudian barulah makan besar.

2. Hindari Makanan Berminyak

Menu gorengan saat berbuka memang sangat menggoda. Namun, sebaiknya Anda menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Hal ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Cara Terhindar dari Badan Lemas Selama Menjalan Puasa

3. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Anda juga diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis, serta produk olahan. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari "berbuka dengan yang manis". Makanan atau minuman manis memang penting untuk dikonsumsi. 

Namun, minuman dan makanan manis yang Anda konsumsi secara rutin selama puasa justru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Jika Anda ingin memastikan tubuh fit saat puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

4. Jangan Lewatkan Sahur

Cara yang paling mudah untuk tetap bugar saat puasa adalah dengan tidak melewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur merupakan bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka.

Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat, dan protein.

4 dari 5 halaman

Cara Terhindar dari Badan Lemas Selama Menjalan Puasa

5. Penuhi Kebutuhan Cairan

Hampir sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, dan Anda membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih.

Anda dapat memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap terhidrasi.

6. Olahraga

Puasa tidak menjadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energi.

Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, joging, ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

5 dari 5 halaman

Cara Terhindar dari Badan Lemas Selama Menjalan Puasa

7. Tidur yang Cukup

Selain perlu memperhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa sebenarnya bukan disebabkan oleh tidak makan dan minum seharian, tetapi karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Lantaran Anda harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya.

 

Sumber: ners.unair.ac.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer