Sukses


Cara Memberikan Pertolongan Pertama saat Kaki Terkilir

Bola.com, Jakarta - Sendi yang paling sering mengalami cedera terkilir atau keseleo adalah pergelangan kaki. Jika ini terjadi, tidak hanya tak nyaman karena nyeri dan bengkak terasa nyut-nyutan, berjalan pun bisa sulit.

Pergelangan kaki yang terkilir (sprained ankle) adalah cedera yang terjadi saat menekuk atau memutar pergelangan kaki dengan cara yang salah atau dilakukan tiba-tiba, umumnya terjadi saat olahraga atau berjalan di atas permukaan yang kurang rata.

Perawatan kaki yang terkilir bergantung pada tingkat keparahan cedera. Meski bisa pulih dengan sendirinya dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, evaluasi medis diperlukan untuk mengetahui seberapa parah cedera yang dialami sehingga dokter bisa menentukan perawatan yang tepat.

Sebelum kembali lagi melakukan kegiatan olahraga dan kebugaran setelah pulih dari cedera terkilir, Anda perlu mengembalikan kekuatan stabilitas kaki yang cedera terlebih dulu.

Ahli terapi fisik atau penyedia pengobatan olahraga lainnya bisa memberi latihan kekuatan dan stabilitas yang tepat untuk mengoptimalkan penyembuhan dan meminimalkan risiko cedera berulang.

Berikut cara memberikan pertolongan pertama saat kaki terkilir, disadur dari Klikdokter, Jumat (1/4/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Memberikan Pertolongan Pertama saat Kaki Terkilir

Cedera kaki terkilir yang ringan bisa dirawat di rumah dengan menggunakan metode PRICE (protect, rest, ice, compression, elevation) selama 2-3 hari, yaitu:

1. Protect (proteksi)

Anda harus melindungi area yang keseleo, misalnya dengan menggunakan penyangga pergelangan kaki atau sekadar membalut kaki yang terkilir dengan perban.

2. Rest (istirahat)

Berhenti berolahraga untuk sementara waktu dan kurangi aktivitas fisik harian. Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk tidak membebani area yang cedera selama 48-72 jam, sehingga Anda mungkin perlu kruk atau tongkat.

Meski demikian, jangan lantas menyetop semua aktivitas. Meski pergelangan kaki keseleo, Anda tetap bisa melatih otot lain. Misalnya dengan memanfaatkan pedal sepeda untuk diputar dengan tangan.

Atau bisa juga dengan melatih kedua lengan dan kaki yang tidak cedera sambil mengistirahatkan pergelangan kaki yang cedera di bagian lain dari sepeda. Dengan begitu, Anda tetap aktif untuk menjaga kondisi kardiovaskular.

3 dari 3 halaman

Cara Memberikan Pertolongan Pertama saat Kaki Terkilir

3. Ice (es)

Kompres es ke daerah yang cedera selama 15-20 menit setiap 2-3 jam. Jika tidak ada ice pack, Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk sehingga tidak menyentuh kulit langsung.

4. Compression (kompresi)

Gunakan perban kompresi elastis pada siang hari untuk membatasi pembengkakan.

5. Elevation (elevasi)

Jaga agar bagian tubuh yang cedera terangkat di atas level jantung kapan pun memungkinkan. Cara ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 13/10/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer