Sukses


Pemenang Sayembara Desain Trophy Sport Jabar Diguyur Uang Tunai Rp20 Juta

Bola.com, Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat resmi mengumumkan pemenang sayembara desain Trophy Sport Jabar di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (31/3/2022).

Gabriel Aries asal Kota Cimahi menjadi pemenangnya dan meraih uang tunai Rp20 juta setelah bersaing dengan 135 peserta lainnya dalam sayembara desain Trophy Sport Jabar yang dibuka sejak Januari 2022 lalu.

Sementara juara dua diraih Raka Wiratama asal Kota Bandung dengan mendapatkan uang tunai Rp5 juta dan juara tiga diraih Andrea Isa asal Kota Bandung yang mendapatkan uang tunai Rp2 juta.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengaku sangat puas dengan desain yang dibuat oleh seluruh peserta desain Trophy Sport Jabar ini.

"Melihat dari fenomena bentuk dari pemenang itu, saya sudah buka dimana-mana, di browsing itu tidak menemukan. Berarti ini adalah sebuah karya yang luar biasa, karya baru. Kedua, pemaknaan di dalamnya cukup luar biasa, yang selaras, sejalan dengan keinginan-keinginan yang sudah disampaikan," kata Ahmad usai pemberian penghargaan.

Untuk penggunaannya, Ahmad Saefudin berencana akan melakukan kolaborasi dengan terbuka yang memiliki keahlian tertentu. Sehingga trophy tersebut benar-benar pantas dan layak untuk diserahkan kepada orang tertentu bagi insan olahraga di Jawa Barat nanti.

"Siapapun orangnya, tidak mengenal siapa, darimana, berbuat apa, tapi intinya berkontribusi di luar panggilan tugas untuk kemajuan prestasi olahraga Jabar. Periodesasinya tidak tergantung mau sebulan, dua bulan, mau satu tahun, atau mau lebih dua sampai tiga tahun itu tidak masalah," ujar Ahmad.

Ahmad Saefudin juga berencana setelah Hari Raya Idul Fitri, akan mengundang para budayawan serta 13 finalis dari sayembara desain Trophy Sport Jabar untuk kolaborasi. Seperti bagaimana budayawan memandang olahraga dan mengkampanyekan keolahragaan itu sebagai nilai-nilai peradaban di kehidupan.

"Melalui budayawan lah mungkin suatu saat nanti perilaku-perilaku kami khususnya olahraga ini akan beda dengan masyarakat pada umumnya. Ini pintu masuk untuk kami lakukan," tegas Ahmad.

Maka itu, Ahmad Saefudin berkeinginan trophy ini bisa didapatkan dengan cara tidak mudah. Artinya, hanya orang-orang tertentu yang memiliki kontribusi terhadap keolahragaan prestasi bagi Jabar.

"Saya ingin ada filosofi orang-orang yang menguasai bagaimana tata cara memanajemen pembinaan latihan yang seharusnya dilakukan oleh orang-orang yang memang ada di Jabar sebagai pelopor olahraga, termasuk di dalamnya sarana pendukung," kata Ahmad.

 

2 dari 2 halaman

Sumber Inspirasi

Sementara itu, pemenang sayembara Gabriel Aries mengatakan pemilihan desain yang dilakukan hanya berdasarkan keinginannya untuk membuat trophy lebih modern.

"Tanpa mengurangi rasa hormat ke visual yang seperti biasa, seperti kujang dan lainnya, saya pikir Jabar harus bisa melihat, lebih maju ke depan, supaya go internaisonal karena memang spiritnya Jabar Kahiji. Buat saya Kahiji nya itu bukan untuk Indonesia, tapi ke ranah internasional," kata Gabriel.

Gabriel mengaku mendapatkan inspirasi dari Tri tangtu yang ada dalam budaya sunda. Bahwa dunia itu ada yang di atas, menengah, dan bawah.

"Kalau dilihat dari desainnya, lebih banyak bentuk-bentuk yang ergonomis berputar. Terus kalau dilihat akarnya ada tiga, spiritnya lebih bagaimana olahraga bisa dilihat dari sudut pandang organisasi," jelas Gabriel.

"KONI sendiri sebuah organisasi, bahwa olahraga itu tidak akan tercapai tujuannya kalau tidak dibangun dari organisasi yang mantap. Semua aspek harus saling mendukung, bukan cuma atletnya, tapi ada unsur pelatih, manejemen dan lainnya," tutur Gabriel menambahkan.

Video Populer

Foto Populer