Sukses


5 Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa tanpa Harus Membatalkannya

Bola.com, Jakarta - Beberapa orang kerap mengalami sakit kepala ketika menjalani ibadah puasa. Sakit kepala adalah rasa sakit yang muncul di sekitar kepala dan sebagian besar terjadi dengan keparahan yang tidak serius.

Penyebab sakit kepala saat puasa dapat berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada kondisi fisik seseorang serta seberapa parah sakit kepala yang dirasakan.

Kebanyakan penyebabnya berasal dari respons tubuh yang sedang menahan lapar dan dahaga. Kendati begitu, masalah kesehatan ini wajar dialami oleh orang yang berpuasa.

Meski wajar terjadi, mengalami sakit kepala dapat sangat mengganggu ketika menjalani ibadah puasa.

Jika masih kuat dan ingin melanjutkan puasa, ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa perlu membatalkan ibadah wajib ini.

Berikut ini kumpulan cara mengatasi sakit kepala saat puasa, disadur dari Klikdokter, Jumat (1/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

1. Cukup Istirahat

Kurang tidur bisa memicu sakit kepala. Maka itu, usahakan untuk mengatur waktu tidur setiap harinya. Selain itu, gunakan waktu istirahat siang untuk tidur siang sejenak. Tak perlu lama-lama, cukup setengah jam saja.

Di sisi lain, hindari juga mengonsumsi stimulan, seperti alkohol, kafein, nikotin, dan gula sebelum waktu tidur.

2. Terapi Pijat

Terkadang, sakit kepala bisa disebabkan oleh ketegangan otot tubuh bagian atas. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan melemaskan otot-otot yang kaku ,Anda bisa mulai memijat kepala pada kening dan di antara kedua mata secara perlahan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

3. Kompres Hangat atau Dingin

Kompres hangat atau dingin tidak hanya berlaku ketika Anda demam, tetapi juga bisa meredakan sakit kepala. Cara ini terutama dapat digunakan untuk sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot.

Apabila Anda mengalami migrain, kompres dingin pada dahi selama sekitar 15 menit. Namun, jika Anda mengalami tension type headache, berikan kompres hangat di daerah leher atau belakang kepala.

4. Relaksasi

Meditasi dan yoga dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Cari lokasi yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu oleh lingkungan sekitar. Ambil napas perlahan dan teratur selama lima detik dan buang napas selama lima detik juga.

Selain itu, mandi menggunakan air hangat bisa menjadi satu di antara teknik relaksasi untuk mengurangi sakit kepala yang mengganggu.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

5. Aromaterapi

Beberapa jenis aromaterapi bisa mengurangi rasa sakit kepala dan merelaksasi tubuh, seperti lavender, ekstrak peppermint, dan eucalyptus. Dengan menghirup aromaterapi dapat menenangkan diri sekaligus mengurangi rasa sakit kepala Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/5/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer