Sukses


Manfaat Buka Puasa Bersama saat Ramadan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Berbuka menjadi momen yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan puasa. Momen buka puasa tentu akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Saat bulan Ramadan, banyak yang memanfaatkan momen buka puasa bersama. Mungkin hampir setiap kelompok dari berbagai lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, melakukan buka puasa bersama untuk memperkuat tali silaturahmi.

Selain itu, buka puasa bersama dapat membentuk rasa kebersamaan dan menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat dan tercinta.

Walhasil, banyak yang akhirnya bisa berkumpul kembali dengan keluarga besar, teman, dan kerabat setelah sekian lama tak berjumpa.

Terlebih lagi berbuka puasa dengan makan bersama sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan berkah. Ada beberapa manfaat yang diperoleh saat buka bersama.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat buka puasa bersama saat Ramadan yang tak banyak diketahui, seperti disadur dari Kapanlagi, Senin (4/4/2022).

2 dari 8 halaman

1. Mempererat Silaturahmi

Buka puasa bersama sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi. Momen ini biasanya digunakan untuk memperkuat rasa persaudaraan dengan sanak saudara, teman, sahabat, rekan kerja, dan lainnya.

Adapun perintah silaturahim seperti yang tercantum di dalam Al-Qur'an Surat An-Nisa ayat 1 yang artinya:

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan dari pada-nya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

3 dari 8 halaman

2. Sarana Interaksi Positif

Manfaat buka bersama selanjutnya ialah dapat menjadi sarana interaksi yang positif. Selama bulan puasa, umat Muslim diajarkan untuk meninggalkan perbuatan yang sia-sia dan beralih kepada hal yang lebih baik serta menjalankan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Dengan berbuka bersama, dapat saling berinteraksi positif dengan teman, keluarga, sahabat, dan lainnya. Hal ini tentunya untuk menambah amal perbuatan melalui tindakan yang bermanfaat.

Maka itu, saat bulan Ramadan tiba, momen ini sangat baik menjadi sarana interaksi yang positif.

4 dari 8 halaman

3. Memperpanjang Usia

Mungkin tak banyak yang tahu alasan buka puasa bersama, dapat memperpanjang usia. Hal itu karena momen buka puasa dapat dijadikan untuk saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat sehingga meredakan ketegangan psikis.

Selain itu, jika seseorang telah disibukkan dengan pekerjaan, buka puasa bersama dapat meredakan stress atau menghilangkan beban pikiran. Berkumpul dan bercanda bersama dapat melupakan sebagian masalah hidup.

Saat buka puasa bersama, semua orang bisa berinteraksi, bertukar pikiran, curhat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mungkin masalah yang sedang dirasakan dapat hilang, stres dapat teratasi.

Perasaan bahagia itulah yang menghindarkan dari segala macam penyakit dan bisa memperpanjang usia.

5 dari 8 halaman

4. Reuni

Buka puasa bersama identik dengan reuni. Reuni inilah biasanya dijadikan ajang momen buka puasa dengan kawan lama. Bisa berkumpul bersama kawan lama menjadi momen sangat langka, apalagi jika sudah disibukkan dengan aktivitas masing-masing.

Reuni bersama teman SD, SMP, SMA, maupun kuliah bisa menjadi momen yang menyenangkan. Selain memperkuat tali silaturahmi, reuni bermanfaat dalam menghargai sebuah pertemuan.

6 dari 8 halaman

5. Mencairkan Hubungan

Melalui berbuka puasa bersama, hubungan yang tegang antara satu dengan yang lain karena perbedaan kepentingan bisa menjadi cair dan membaik.

Hal ini juga dapat membuka kembali komunikasi dengan pihak lain karena saat buka puasa bersama, tidak ada sekat atau pembatas. Semuanya bisa saling menyapa dan bercanda bersama.

7 dari 8 halaman

6. Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu sore menunggu momen buka puasa bersama bisa dihabiskan dengan mengobrol atau berbincang menjelang magrib tiba.

Mengisi waktu luang dengan teman juga dapat membunuh kebosanan dan mungkin dari mengobrol tersebut Anda mendapatkan ide untuk saling bertukar pikiran dalam hal yang positif.

8 dari 8 halaman

7. Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer Dementia

Manfaat buka puasa bersama yang terakhir ialah dapat terhindar dari risiko terkena Alzheimer Dementia. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya kemampuan mengingat seseorang dan kemampuan untuk membuat keputusan.

Tentu hal ini sangat sering terjadi karena tidak adanya komunikasi maupun interaksi dengan kawan lama. Interaksi yang terjadi saat momen buka puasa bersama dapat mengurangi risiko seseorang terjangkit penyakit Alzheimer Dementia.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Tamara Dita. Published: 2/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer