Sukses


7 Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut saat Berpuasa, Miliki Napas Segar Sepanjang Hari

Bola.com, Jakarta - Mengalami bau mulut saat menjalankan ibadah puasa merupakan satu di antara masalah yang sulit dihindari.

Kondisi bau mulut dapat mengganggu aktivitas selama puasa dan membuat Anda jadi tidak percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Bau mulut muncul dipicu oleh kondisi rongga mulut yang kering. Mulut kering ini disebabkan oleh produksi air liur yang berkurang karena tidak adanya makanan dan minuman yang masuk ke mulut selama berpuasa.

Air liur berperan penting untuk membersihkan sisa makanan dan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut. Berkurangnya air liur membuat bakteri di rongga mulut berkembang biak dengan pesat.

Ketika hal ini terjadi, bakteri akan banyak menghasilkan gas yang menimbulkan bau tidak sedap sehingga memicu bau mulut.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, efektif menghilangkan bau mulut saat puasa.

Berikut ini cara efektif menghilangkan bau mulut membandel saat berpuasa agar napas selalu segar sepanjang hari, dilansir dari laman Egypttoday, Senin (4/4/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Membandel saat Berpuasa

1. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Menyikat gigi adalah langkah paling dasar dari cara agar tidak bau mulut saat puasa. Jangan lupa sikat gigi dua kali sehari secara teratur, setelah sahur dan sesudah berbuka puasa.

Hal ini supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan jadi sarang berkembangnya bakteri di mulut. Untuk kebersihan esktra, gunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sela-sela gigi yang mungkin tidak terjangkau saat Anda menyikat gigi.

2. Membersihkan Lidah

Selain sikat gigi, membersihkan lidah wajib dilakukan guna mencegah bau mulut saat puasa. Sebab, lidah merupakan tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau mulut. Gunakan bagian bahwa sikat gigi Anda untuk membersihkan lidah. Gosok secara perlahan.

3. Minum Air yang Cukup

Air putih yang Anda minum akan membantu meningkatkan produksi air liur atau saliva di dalam mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga. Usahakan minum air antara 8-10 gelas dalam satu hari saat buka puasa dan sahur untuk meminimalisasi bau mulut saat puasa.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Membandel saat Berpuasa

4. Makan Permen Karet sebelum Tidur

Sempatkan untuk mengunyah permen karet sebelum tidur. Mengunyah permen dapat menghindarkan mulut dari kekeringan dan bisa menghilangkan partikel makanan yang menempel pada gigi sehingga dapat menghindari bau mulut.

Anda bisa memilih permen karet yang mengandung rasa mint supaya mulut menjadi segar.

5. Berkumur Menggunakan Air Mawar

Air mawar dapat diandalkan untuk mengusir bau mulut karena adanya kandungan antibakteri di dalamnya. Selain itu, wangi dari mawar mampu meredam bau tak sedap yang keluar dari mulut jika Anda berkumur secara rutin.

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Membandel saat Berpuasa

6. Perhatikan Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga berpengaruh pada bau mulut. Untuk itu, agar bau mulut dapat terkontrol, Anda harus perhatikan asupan makanan dan minuman selama berada di bulan puasa.

Disarankan jangan mengonsumsi terlalu banyak produk susu saat sahur. Produk susu mengandung protein jenis tertentu yang ketika terurai dapat menyebabkan bau mulut.

Selanjutnya adalah makan sehat dan seimbang, hindari makanan beraroma kuat atau pedas. Selain itu, sebaiknya hindari asupan berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, soda, terutama saat sahur.

7. Hindari Merokok

Saat berpuasa ada baiknya kegiatan merokok dihindari atau dikurangi karena dapat menimbulkan masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Hal tersebut karena rokok dapat membuat rongga mulut menjadi kering.

Selain itu, nikotin pada rokok dapat menempel pada gigi sehingga menjadi plak yang dapat menimbulkan bau mulut. Rokok juga dapat meningkatkan risiko masalah pada gusi sehingga dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

 

Sumber: Egypttoday

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer