Sukses


Daftar Menu Buka Puasa yang Aman Dikonsumsi Pengidap Maag dan GERD

Bola.com, Jakarta - Menjalankan ibadah puasa bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pengidap maag dan GERD. Pasalnya, mereka memiliki cukup banyak pantangan makanan.

Hal tersebut termasuk makanan untuk berbuka puasa agar aman dikonsumsi pengidap maag dan GERD dan meminimalkan kemungkinan penyakit kambuh.

Maka itu, pengidap maag dan GERD harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Pengidap maag dan GERD dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat merangsang asam lambung, seperti makanan asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin.

Dan sebaiknya menu buka puasa untuk pengidap maag dan GERD memiliki tekstur lunak agar mudah dicerna dan tidak memberatkan kerja lambung.

Lantas apa saja makanan aman dikonsumsi pengidap maag dan GERD untuk berbuka puasa?

Berikut ini daftar menu buka puasa yang aman dikonsumsi pengidap maag dan GERD, disadur dari Merdeka, Selasa (5/4/2022).

2 dari 4 halaman

Nasi Tim dan Sayur Bayam

1. Nasi Tim

Pengidap maag dan GERD harus mengonsumsi makanan dengan tekstur yang lunak dan lembut agar lambung lebih mudah mencerna makanan sehingga tidak terlalu memforsir kerja sistem pencernaan.

Maka itu, makanan yang cocok untuk pengidap maag dan GERD yang pertama adalah nasi tim. Anda bisa menambahkan tahu atau tempe bacem untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian penuh berpuasa.

2. Sayur Bayam

Pengidap maag dan GERD tidak bisa mengonsumsi sayur sembarangan. Hal ini dikarenakan beberapa sayuran memiliki kandungan gas, yang bisa memicu asam lambung naik.

Namun, bayam merupakan satu di antara jenis sayuran yang aman dan baik untuk pengidap maag dan GERD karena tidak mengandung gas. Bayam mengandung serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Ketika sistem pencernaan Anda lancar, hal ini berarti asam lambung akan lebih mudah untuk dikendalikan dan terhindar dari refluks asam lambung.

3 dari 4 halaman

Buah Kurma dan Kentang Tumbuk

3. Buah Kurma

Buah merupakan satu di antara buah andalan yang wajib dikonsumsi ketika buka puasa. Kurma sudah dikenal memiliki segudang manfaat baik terutama bagi pengidap maag dan GERD.

Makan kurma saat buka puasa dapat membantu mengendalikan keseimbangan asam, basa dalam tubuh, dan melancarkan sistem perncernaan. Hal ini berarti, lambung Anda akan terlindungi dari kadar keasaman berlebih yang dapat meningkatkan gejala asam lambung.

4. Kentang Tumbuk

Kentang merupakan satu di antara sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh pengidap maag dan GERD. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan alkalin yang dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga mencegah sakit maag kambuh.

Agar kebutuhan akan vitamin dan mineralnya harian tetap terjaga, Anda bisa menambahkan sajian kentang dengan sayur-sayuran seperti brokoli.

4 dari 4 halaman

Ikan Panggang

5. Ikan Panggang

Ikan tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, tetapi mengandung rendah lemak yang aman bagi pengidap maag. Kandungan protein tanpa lemak dapat membantu mengurangi peradangan pada lambung akibat gastritis.

Adanya banyak pilihan ikan seperti ikan tuna, salmon, atau sarden, yang aman dikonsumsi pengidap maag dan GERD.

Sebaiknya olah ikan favorit Anda dengan cara dipanggang. Agar menu buka puasa Anda makin sehat dan lezat, panggang ikan dengan minyak zaitun untuk menambahkan kandungan lemak sehat dalam tubuh.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 5/5/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer