Sukses


Jenis-Jenis Kurma yang Paling Populer, Makanan Favorit saat Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Kurma adalah buah yang umumnya berasal dari negara-negara Timur Tengah, seperti seperti Arab Saudi, Mesir, Irak, hingga Iran. Meski begitu, kurma juga bisa dijumpai di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Kurma menjadi satu di antara makanan yang paling populer saat bulan Ramadan atau Lebaran. Apalagi mengonsumsi kurma termasuk sunah Rasul, terutama untuk sahur atau berbuka puasa.

Selain rasanya yang lezat, kurma terkenal karena khasiatnya. Kurma diketahui memiliki kandungan gula alami yang dapat mengembalikan energi pada tubuh setelah seharian berpuasa.

Nah, buat Anda yang ingin membeli kurma, mungkin bingung mencari kurma mana yang tepat. Pasalnya, kurma memiliki berbagai macam jenis.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis kurma yang paling populer, seperti dilansir dari laman ppid.serangkota.go.id, Selasa (5/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Ajwa

Ajwa merupakan jenis kurma yang memiliki julukan lain yang disebut "Kurma Nabi". Julukan tersebut bukan tanpa alasan, karena memang kurma ini satu di antara jenis kurma yang menjadi favorit Nabi, karena buah ini tumbuh di daerah Madinah.

Kurma ajwa umumnya berwarna hitam pekat, walau ada juga yang sedikit kemerahan. Permukaan buahnya memiliki guratan atau kerutan yang khas.

Teksturnya cenderung kering dan kenyal. Ukurannya cenderung kecil. Ajwa juga memiliki rasa manis yang khas dan tidak terlalu manis. Hal itu karena kandungan gulanya berbentuk monosakarida, ajwa dinyatakan aman dikonsumsi pengidap diabetes tipe-2.

3 dari 9 halaman

2. Sukari

Kurma satu ini memiliki bentuk buah yang membulat, dengan memiliki varian warna, dari hitam hingga kecokelatan. Sukari memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang sangat manis.

Saat memakan buah ini seperti meleleh di mulut karena daging kurma yang sangat lembut. Oleh sebab itu kurma ini menjadi kurma favorit Raja Saudi.

4 dari 9 halaman

3. Halawi

Halawi, Halawy, atau Halwa adalah tipe kurma yang sangat manis dengan ukuran yang kecil dan punya tekstur yang sangat lembut. Hal itu cukup menjelaskan arti nama kurma ini, yang artinya manis.

5 dari 9 halaman

4. Kurma Lulu

Cenderung berwarna hitam pekat dan berukuran kecil jika dilihat sekilas mirip seperti kurma Ajwa, yang membedakannya adalah rasa yang tidak terlalu manis dengan sedikit asam, dan teksturnya sedikit lembut dan kering.

Kurma AmberaKurma ambera adalah satu dari beberapa kurma dengan kualitas tertinggi dari wilayah Madinah, Arab Saudi. Kurma ini dikenal karena ukurannya yang sangat besar, lebih besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Kurma ini juga dikenal karena kekuatan penyembuhan alaminya, itulah sebabnya banyak orang di daerah Madinah memakan kurma jenis ini.

6 dari 9 halaman

5. Kurma Barhi

Kurma ini kaya akan rasa, bahkan rasanya mirip seperti sirup. Kurma ini juga merupakan jenis kurma terkecil dan paling rapuh di antara jenis kurma yang lain.

Kulit dan dagingnya yang keras berubah menjadi kuning. Kemudian berubah lagi menjadi cokelat keemasan saat diawetkan. Kurma barhi memiliki tingkat kematangan yang lambat.

7 dari 9 halaman

6. Kurma Dayri

Kurma dayri memiliki tekstur yang lembut dan rasanya manis. Selain itu, kurma dayri mempunyai daging yang lunak dan kulit yang berwarna merah.

Saat matang, kulit kurma ini berubah dari warna merah menjadi kuning, lalu berubah lagi menjadi cokelat keemasan ketika diawetkan. Sama seperti kurma barhi, kurma dayri memiliki tingkat kematangan yang lambat.

8 dari 9 halaman

7. Kurma Deglet Noor

Dalam Bahasa Indonesia, kurma ini memiliki arti "kurma yang bercahaya". Hal ini karena buahnya berwarna emas atau terang ketika terkena paparan sinar matahari.

Kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya mirip seperti madu. Kurma deglet noor memiliki rasa yang manis dan lembut.

Kurma deglet noor biasanya banyak digunakan sebagai bahan masakan, dan kurma ini biasanya matang pada akhir musim.

9 dari 9 halaman

8. Kurma Khudri

Kurma khudri termasuk kurma yang memiliki rasa manis. Kurma ini berwarna cokelat gelap dan memiliki kulit yang kusut.

Kurma ini menjadi kurma yang paling banyak diekspor dari jenis kurma lainnya karena harganya yang paling terjangkau serta memiliki ketahanan buah yang lama.

 

Sumber: Web PPIP Serang Kota

Video Populer

Foto Populer