Sukses


Cara agar Anak Tak Mudah Lapar saat Puasa, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan suci yang banyak ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Saat bulan Ramadan tiba, semua umat Muslim melaksanakan kewajiban ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Tidak hanya orang dewasa, menjalankan puasa Ramadan juga banyak dilakukan anak-anak. bBanyak orang tua yang melatih anak puasa sedini mungkin. Meski dalam praktiknya, kadang anak mengeluh lapar, haus, capek, saat masih siang.

Bagi orang yang dewasa mungkin mudah bisa menahan lapar dan haus hingga sore hari. Namun, bagi anak-anak, hal tersebut akan terasa berat, apalagi yang baru belajar puasa.

Kendati terasa sulit, jika dilatih secara perlahan, lama-lama anak akan terbiasa. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak tidak mudah lapar.

Para orang tua tentu penting untuk mengetahuinya agar anak tetap semangat dalam berpuasa, terutama saat bulan Ramadan.

Berikut ini rangkuman tentang cara agar anak tidak mudah lapar saat menjalankan puasa Ramadan, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (5/4/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

1. Ajak Anak untuk Bersantai atau Istirahat

Umumnya anak merasa lapar dan haus antara jam 12 siang hingga jam 15.00. Untuk mengatasinya, ajak anak untuk tidur siang pada waktu tersebut.

Namun, tidak semua anak mau atau suka tidur siang. Pada akhirnya, anak akan ngambek ketika disuruh tidur. Untuk menyiasatinya, orang tua bisa mengajaknya bersantai di sofa atau tempat tidur.

Ceritakan sesuatu yang menarik atau berkhayal bersama anak. Tanpa disadari, waktu berlalu dan waktu berbuka puasa pun sudah dekat. Siapa tahu saat sedang bersantai, anak akan merasa mengantuk dan akhirnya tertidur.

3 dari 5 halaman

2. Bermain Bersama atau Buat Sesuatu Hal yang menarik

Orang tua bisa mengajak anak melakukan permainan yang menarik sehingga ia lupa dengan kelaparan yang ia rasakan.

Namun, hindari permainan yang penuh dengan aktivitas fisik agar anak tidak makin merasa haus dan lapar. Orang tua bisa mengajaknya bermain board game ataupun membuat kemah di dalam kamar.

Selain itu, Anda bisa melakukan aktivitas yang disukainya. Misalnya, bermain musik atau menggambar bersama. Pastinya, anak akan sibuk menata permainan yang sedang dibuat. Rasa lapar pun bisa terlewatkan.

4 dari 5 halaman

3. Buat Tradisi Ngabuburit

Sembari memanfaatkan waktu berbuka puasa, lakukan hal-hal menyenangkan atau ciptakan rutinitas atau tradisi ngabuburit bersama anak.

Anda bisa membuat kegiatan ngabuburit di halaman rumah. Misalnya, buat permainan semprot air sambil bersihkan halaman atau mobil. Ini menjadi hal seru yang bisa dilakukan bersama. Otomatis dua masalah terselesaikan. Satu, masalah anak lapar dan kedua rumah pun jadi bersih.

5 dari 5 halaman

4. Siapkan Menu Berbuka Bersama

Anak menyukai terlibat pada aktivitas penting yang terjadi di keluarga. Satu di antaranya adalah saat orang-orang di rumah sedang mempersiapkan menu berbuka puasa.

Coba ajak anak ke dapur serta berikan tugas yang ringan, tetapi menyenangkan. Misalnya, mengaduk minuman sirup atau membuat bola-bola daging.

Mungkin ada beranggapan hal tersebut justru akan membuat anak makin lapar. Namun, tenang saja, dia akan lupa kalau sedang merasa lapar. Hal itu karena terlalu serius menjalankan tugas yang diberikan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer