Sukses


Macam-Macam Alasan Sebaiknya Jangan Sahur dengan Mi Instan

Bola.com, Jakarta - Mi instan kerap jadi penolong di saat-saat darurat, termasuk pada saat Anda telat sahur karena praktis, murah, dan enak.

Meski begitu, mengonsumsi mi instan untuk menjadikannya sebagai menu sahur sangat tidak direkomendasikan.

Dalam dunia kesehatan, mi instan sudah dikenal sebagai satu di antara makanan kurang sehat. Sebab, mi instan hanya mengandung kalori atau karbohidrat saja.

Mengonsumsi mi instan tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara keseluruhan, meski cukup mengenyangkan.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda tak sahur dengan mi instan.

Berikut ini ada beberapa alasan yang membuat mi instan sebaiknya tidak Anda konsumsi saat sahur, disadur dari Liputan6, Selasa (5/4/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Alasan Sebaiknya Jangan Sahur dengan Mi Instan

1. Rendah Gizi

Saat sahur dengan mi instan nutrisi tubuh tidak bisa tercukupi dengan baik. Ada baiknya ketika ingin sahur dengan mi instan, Anda menambahkan bahan lain, seperti sayur, telur, daging, sosis, dan sejenisnya.

2. Bikin Cepat Lapar

Dalam satu kemasan mi instan mengandung kalori tinggi, yaitu 240 kalori. Namun, selain kalori yang tinggi, mi instan tidak memiliki cukup gizi yang dapat membantu Anda menjalani hari saat berpuasa.

Selain itu, tingginya kalori pada mi instan justru dapat membuat Anda merasa lebih cepat lapar saat puasa.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Alasan Sebaiknya Jangan Sahur dengan Mi Instan

3. Menghambat Penyerapan Nutrisi di Tubuh

Masih ada dampak buruk yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi mi instan untuk sahur, yaitu efek negatif dalam proses pencernaan.

Hal ini bisa membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi makanan sehat lain. Selain itu, bisa membuat Anda tak bertenaga dalam beraktivitas sehingga mudah lemas.

4. Mi Instan Mengandung MSG Tinggi

MSG merupakan satu di antara kandungan yang membuat rasa mi instan begitu lezat. Namun, jika kandungan MSG dalam mi instan cukup tinggi dapat membuat tubuh tidak segar dan mudah haus saat berpuasa.

Selain itu, MSG mampu menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan, sakit kepala, atau nyeri dada setelah dikonsumsi berlebihan sehingga tubuh merasa tidak fit saat siang hari di bulan Ramadan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Camelia, Editor: Sulung Lahitani. Published: 30/4/2020)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer