Sukses


5 Cara Aman Sit Up saat Puasa Ramadan, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang gemar berolahraga secara rutin, tentu membutuhkan penyesuaian agar tetap bisa menjalankan rutinitas tersebut selama puasa Ramadan. Satu di antara jenis olahraga yang kerap dilakukan adalah sit up di pagi atau sore hari.

Ada anggapan bahwa olahraga akan membuat tubuh makin lemas saat berpuasa. Padahal, olahraga dan puasa yang dilakukan bersama justru dapat meningkatkan kesehatan otot.

Selain itu, olahraga sit up memiliki beberapa manfaat lain, seperti menjaga kestabilan gerakan tubuh, menjaga pencernaan, dan peredaran darah.

Sementara itu, sit up saat puasa yang dilakukan dengan benar dipercaya dapat meremajakan otak dan jaringan otot.

Berikut cara aman melakukan sit up saat puasa, disadur dari Klikdokter, Rabu (6/4/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Aman Sit Up saat Puasa Ramadan

Lakukan saat Perut Kosong

Anda disarankan berolahraga di pagi hari, sekitar 30 menit sebelum sahur, yakni saat perut kosong. Atau, Anda juga bisa melakukannya 30 menit sebelum berbuka puasa.

Durasi olahraga bisa berbeda-beda setiap orang. Namun, standar untuk berolahraga di tengah berpuasa adalah sekitar 30-60 menit setiap sesinya.

Lakukan dengan Santai dan Jangan Memaksakan Diri

Lakukan sit up saat berpuasa dengan santai, tidak perlu terlalu terburu-buru sehingga Anda tak mudah lelah. Frekuensi olahraga ini sebaiknya dilakukan 5-6 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit.

Sit up saat puasa nyatanya masih mungkin Anda lakukan karena masih tergolong olahraga sederhana, sama seperti berjalan kaki dan joging.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa otot Anda membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk beradaptasi dengan lemak selama berpuasa. Namun selanjutnya, Anda akan terbiasa melakukannya.

3 dari 3 halaman

Cara Aman Sit Up saat Puasa Ramadan

Hindari Gorengan

Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dengan minyak berlebih ataupun makanan berlemak jika ingin sit up yang Anda lakukan selama Ramadan memberikan hasil yang signifikan. Lebih baik, ganti dengan sayur dan buah.

Perbanyak Konsumsi Protein Saat Sahur

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sports & Exercise memaparkan bahwa konsumsi protein sekitar 30 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh selama 24 jam setelah berolahraga.

Maka itu, bangunlah lebih awal sebelum waktu sahur bila Anda ingin tetap berolahraga setiap harinya selama puasa Ramadan. Perbanyak juga menu sahur yang mengandung protein untuk mendukung metabolisme setelah berolahraga.

Perbanyak Minum Air Sebelum atau Setelah Sit Up

Minumlah banyak air putih sebelum berolahraga saat sahur, atau setelah selesai berolahraga dan telah tiba waktu berbuka puasa.

Selain air putih, minuman seperti air kelapa dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi jantung, saraf dan otot.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/4/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer