Sukses


Manfaat Melaksanakan Salat Tarawih bagi Kesehatan Fisik

Bola.com, Jakarta - Salat tarawih adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan suci Ramadan. Ibadah salat Tarawih dilaksanakan sesudah salat isya.

Seperti diketahui, Ramadan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadan tiba, semua umat Muslim yang sudah balig diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan.

Tak hanya itu, umat Muslim akan berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Hal itu karena setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Satu di antara amalan sunah di bulan Ramadan yang mendapatkan pahala ialah salat tarawih. Melaksanakan salat tarawih tidak hanya menjadi sumber pahala, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan setiap orang.

Mungkin tidak banyak yang tahu, manfaat salat tarawih bagi kesehatan fisik. Apa saja manfaat melaksanakan salat tarawih untuk kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat melaksanakan salat tarawih bagi kesehatan fisik, seperti disadur dari Fimela, Selasa (5/4/2022).

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Gerakan naik turun yang lembut saat salat tarawih, termasuk sujud dan rukuk, dilakukan sambil berdoa dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional, serta meningkatkan umur panjang bagi yang menjalankannya.

Diketahui bahwa orang yang berpuasa sepanjang hari dan kemudian melakukan salat tarawih di malam hari akan merasa lebih kuat.

3 dari 5 halaman

Mengembalikan Kekuatan Otot

Seiring bertambahnya usia, latihan fisik mungkin akan berkurang, yang mengakibatkan pengeroposan pada tulang dan jika tidak dirawat dengan baik mengarah pada osteoporosis.

Tulang akan lebih mudah patah jika jatuh karena kekurangan mineral di dalamnya. Gerakan berulang selama salat tarawih meningkatkan fleksibilitas sendiri, kekuatan otot, dan kekuatan tendon.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Metabolisme

Gerakan teratur atau berulang selama salat tarawih adalah bentuk olahraga, hal ini karena dapat membantu membakar kalori.

Makan seimbang saat sahur dan berbuka di sertai dengan salat tarawih dapat membantu seseorang mengurangi berat badan yang berlebihan.

5 dari 5 halaman

Meningkatkan Kesehatan Mental

Diketahui bahwa olahraga dapat meningkatkan perilaku, suasana hati dan pikiran. Olahraga meningkatkan kualitas hidup, memicu meningkatnya energi, mengurangi kecemasan, depresi, dan membuat dampak positif pada suasana hati.

Hal ini tersebut juga meningkatkan memori, terutama orang dewasa dengan pengulangan ayat-ayat dari Al-Qur'an yang menyaring pikiran yang masuk.

Salat tarawih tidak hanya menjadi sumber latihan fisik, membakar kalori setelah berbuka puasa, tetapi juga merupakan sumber relaksasi setelah melakukan puasa seharian di bulan Ramadan.

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Gayuh Tri Pinjungwati. Published: 20/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer