Sukses


Manfaat Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka adalah gerakan mendunia yang telah membentuk perkembangan pemuda dan orang dewasa.

Gerakan ini awalnya dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris sekitar tahun 1906-1907.

Di Indonesia, Pramuka bukan sebuah kegiatan yang asing. Bahkan, gerakan Pramuka sudah diperkenalkan dan diajarkan sejak tingkat sekolah dasar.

Mengikuti pramuka tidak hanya belajar tentang mendirikan tenda, membuat simpul tali, dan macam-macam sandi. Namun, banyak manfaat lain yang didapat saat mengikuti ekstrakurikuler Pramuka.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat mengikuti ekstrakurikuler pramuka bagi siswa, seperti dilansir dari smadwiwarna.sch.id, Rabu (6/4/2022).

2 dari 7 halaman

1. Melatih Disiplin

Seperti diketahui, ekstrakurikuler Pramuka dikenal memiliki jadwal dan tata tertib yang ketat. Setiap peraturan yang diberikan harus dipatuhi semua peserta tanpa terkecuali. Jika melanggar maka harus siap untuk mendapatkan hukuman.

Hal tersebut tentu membuat siswa menjadi disiplin, terutama saat datang mengikuti upacara apel, mengumpulkan tugas hingga istirahat sesuai waktu yang ditentukan.

Jika sudah terbiasa disiplin maka akan menjadi kebiasaan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 7 halaman

2. Mengajarkan Hidup Mandiri

Mengikuti ekstrakurikuler akan mengajarkan untuk hidup mandiri. Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan Pramuka mayoritas diadakan di lokasi yang jauh dari rumah, seperti saat berkemah.

Kondisi ini akan melatih kamu untuk hidup mandiri. Saat ikut berkemah juga harus tinggal bersama anggota Pramuka lainnya dan mengurus semua kebutuhan sendiri.

4 dari 7 halaman

3. Belajar Menjadi Pemimpin

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan saat mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Satu di antara manfaat yang akan didapatkan yaitu memiliki kesempatan yang besar untuk mengasah jiwa kepemimpinan.

Hal ini tentu akan membuat kamu menjadi sosok pemimpin yang baik di manapun berada saat sudah dewasa nanti.

5 dari 7 halaman

4. Membangun Karakter Gotong Royong

Berkemah menjadi satu di antara kegiatan yang paling ditunggu-tunggu saat mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan bisa mengasah karakter gotong royong.

Sebagai contoh, saat mendirikan tenda, semua penghuni harus membangunnya bersama-sama. Hal ini tentu merupakan wujud gotong royong yang bisa dilihat.

Dalam mengerjakan pekerjaan tersebut tidak hanya terciptanya gotong royong melainkan juga harus bersosialisasi.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Rasa Kepedulian

Banyak kegiatan dalam Pramuka yang dilakukan dengan kerja tim. Kegiatan tim ini berguna untuk meningkatkan rasa kepedulian anggota tim tersebut.

Kegiatan tim yang biasanya diadakan, yaitu kegiatan bakti sosial. Bakti sosial yang diadakan akan meningkatkan rasa peduli kepada orang lain sehingga akan membantu orang lain yang sedang mengalami kesusahan.

Maka itu, selepas kegiatan ini selesai dilakukan kamu menjadi lebih peduli dengan orang sekitar dan tidak ragu untuk membantu mereka.

7 dari 7 halaman

6. Belajar Mencintai Alam

Kegiatan Pramuka sebagian besar dilakukan di luar ruangan atau di alam. Jadi, anggotanya akan diajak untuk melihat dan mengenal alam lebih dekat.

Kegiatan yang dilakukan di luar ruangan bertujuan agar membuat anggota pramuka menjadi lebih mencintai alam sehingga tidak akan merusaknya.

 

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer