Sukses


7 Manfaat Mengonsumsi Madu saat Sahur

Bola.com, Jakarta - Sebelum menjalankan ibadah puasa, umat Muslim disunahkan untuk melakukan sahur. Sahur merupakan fondasi untuk menjalankan ibadah puasa.

Keutamaan sahur adalah bisa menguatkan secara fisik untuk menahan haus dan lapar seharian.

Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi madu untuk mendapatkan energi ekstra. Hal ini dipercaya bisa membuat daya tahan tubuh meningkat saat Anda menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, dengan mengonsumsi madu saat sahur bisa membantu Anda menahan rasa lapar sepanjang hari.

Seperti diketahui, madu merupakan satu di antara herbal yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Terlepas dari itu, masih ada banyak manfaat mengonsumsi madu saat sahur yang perlu diketahui.

Berikut ini sederet manfaat mengonsumsi madu saat sahur yang sayang untuk dilewatkan, dikutip dari laman rri.co.id dan Manfaat, Kamis (7/4/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu saat Sahur

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Selama menjalani ibadah puasa, tubuh diharuskan menahan lapar dan haus. Ditambah dengan padatnya aktivitas yang mungkin Anda jalani, membuat tubuh harus bekerja lebih keras guna menyuplai energi sebagai pendukung semua kegiatan Anda.

Nah, selain mencukupi kebutuhan energi tubuh dari makan makanan yang sehat dan bergizi, Anda juga bisa mengonsumsi madu saat sahur untuk mengoptimalkan energi pada awal hari.

2. Sebagai Pengganti Gula

Anda mungkin jadi lebih sering makan aneka jenis makanan manis di bulan puasa. Pasalnya, di waktu sahur dan berbuka minuman dan makanan manis sering dihidangkan untuk menambah produksi energi dalam tubuh.

Gula yang dicampurkan dalam makanan dan minuman memang bisa menambah kalori, hanya saja tidak akan memberi nutrisi bagi tubuh. Sesekali, Anda bisa mencoba alternatif lain, seperti madu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu saat Sahur

3. Baik untuk Kesehatan Hati

Selain menambah energi, mengonsumsi madu saat sahur baik untuk kesehatan hati.

Hati melakukan sebagian besar perbaikan metabolisme di malam hari dan hati yang terkuras akan kehabisan glikogen di beberapa titik di malam hari dan mungkin mulai memproduksi hormon stres, membuat Anda bangun dengan lelah.

Jadi, disarankan untuk mengonsumsi sesendok madu supaya membuat tubuh lebih segar saat puasa.

4. Membantu Pencernaan

Madu memiliki manfaat antiinflamasi dan membantu pencernaan. Mengonsumsi sesendok madu alami dan murni saat sahur dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Beberapa orang mengalami kembung dan perubahan usus saat berpuasa, madu murni dan alami dapat membantu menenangkan pencernaan dan memudahkan proses eliminasi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu saat Sahur

5. Melindungi Kerongkongan dan Lambung

Saat sedang puasa, asam lambung yang ada di dalam tubuh akan meningkat cukup banyak. Peningkatan ini membuat Anda sering mengalami mag atau kalau sudah parah, bisa mengalami GERD.

Untuk mengatasi kondisi yang tidak diinginkan ini, Anda disarankan untuk minum madu setiap sahur. Madu akan melindungi kerongkongan dan lambung. Jadi, gangguan seperti GERD bisa diatasi dengan baik.

Lebih lanjut, madu juga terbukti mampu menurunkan asam lambung. Minum satu sendok makan akan membuat perut jadi nyaman sepanjang siang dan gangguan tidak diinginkan bisa dicegah.

6. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat mengonsumsi madu saat sahur lainnya adalah membantu meningkatkan kondisi daya tahan tubuh yang dimiliki selama menjalani ibadah puasa.

Dengan kondisi puasa yang mengharuskan tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama kurang lebih 14 jam, menjadikannya rentan terkena gangguan kesehatan karena ada penurunan daya tahan tubuh.

Nah, madu membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Mengonsumsi Madu saat Sahur

7. Menurunkan Kadar Trigliserida

Saat sedang puasa, kita sering kali kalap dan akhirnya makan makanan yang terlalu berlemak seperti santan dan gorengan. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, Anda akan mengalami penumpukan trigliserida dalam tubuh yang berbahaya pada kesehatan.

Kalau Anda ingin aman dari gangguan ini, ada baiknya mengonsumsi madu saat sedang sahur. Madu akan menurunkan kadar trigliserida dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan puasa berjalan dengan lancar.

 

Sumber: rri.co.id, Manfaat

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer