Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Tarawih yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti umat Muslim seluruh dunia karena penuh berkah. Pada bulan Ramadan, umat Muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah tarawih.

BACA JUGA: Keutamaan Shalat Tarawih Yang Sangat Dianjurkan Bagi Setiap Umat Islam

Meski sunah, salat tarawih tergolong dalam salat sunah muakad. Salat sunah muakad adalah salat sunah yang dianjurkan mendekati wajib.

Dalam pelaksanaanya, salat tarawih dikerjakan usai menjalankan salat isya. Biasanya salat tarawih dikerjakan secara berjamaah di masjid atau musala, meski bisa juga dilakukan secara mandiri di rumah.

Di samping itu, salat tarawih memiliki keutamaan bagi yang melaksanakannya.

Berikut ini macam-macam keutamaan salat tarawih yang perlu diketahui umat Muslim, disadur dari laman Dream, Rabu (6/4/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Tarawih

1. Pengampunan Dosa

Keutamaan salat tarawih yang pertama adalah pengampunan dosa. Salat tarawih ini bisa menggugurkan dosa dan mendapat pahala dari Allah Swt. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saw., yang diriwayatkan dari Abu Hurairah.

Rasulullah saw., bersabda yang artinya: "Barang siapa melakukan qiyam Ramadan (salat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Pahala Salat Semalam Penuh

Salat tarawih dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah, meski bisa juga dilaksanakan di rumah. Sesuai dengan hadis Nabi saw., yang artinya:

"Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh."

Jika salat tarawih dilaksanakan di rumah maka alangkah baiknya dilakukan berjamaah dengan keluarga untuk mendapatkan keutamaan tersebut.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Tarawih

3. Pahala Salat Berjamaah

Salat tarawih adalah sunah, boleh dikerjakan sendiri dan boleh berjamaah. Akan tetapi, jika dilakukan berjamaah maka selain mendapat pahala salat tarawih, Anda juga akan mendapat pahala salat berjamaah sebanyak 27 derajat.

Seperti hadis Rasulullah saw.: "Salat berjamaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari)

4. Meningkatkan Silaturahmi

Keutamaan ini didapatkan jika salat tarawih dilaksanakan di masjid secara berjamaah. Lantaran selain menjalankan ibadah salat tarawih, Anda juga bisa bertemu dengan sanak saudara dan tetangga sehingga bisa memperkuat tali silaturahmi ukhuwah Islamiyah.

5. Sarana Pembelajaran

Salat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat karena biasanya usai salat tarawih akan ada kegiatan khotbah atau ceramah yang berisikan siraman rohani yang bermanfaat untuk mempertebal iman.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Tarawih

6. Memeriahkan Ramadan

Keutamaan salat tarawih selanjutnya adalah sebagai kegiatan ibadah untuk memeriahkan Ramadan. Salat tarawih berjamaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadan, yang membuat bulan Ramadan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

7. Menyehatkan Jasmani dan Rohani

Salat tarawih bisa membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina di saat bulan Ramadan. Sebab, pada saat melaksanakan salat tarawih, tubuh melakukan gerakan-gerakan salat yang bermanfaat untuk olahraga dan efeknya pun sama seperti melakukan olahraga.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Tarawih

8. Salat Tarawih Seutama-utamanya Salat

Mazhab Hanabillah menyebut bahwa seutama-utamanya salat sunah adalah salat yang dikerjakan secara berjamaah. Salat tarawih satu di antara salat yang ditekankan untuk dilakukan secara berjamaah.

9. Meningkatkan Rasa Cinta terhadap Masjid

Apabila salat tarawih dikerjakan di masjid, selain memperkuat silaturahmi juga untuk meningkatkan kecintaan kepada masjid. Salat tarawih di masjid akan membuat orang-orang yang menjalankannya menjadi lebih tenang hatinya.

Selain itu juga, memiliki alasan untuk sering mengunjungi masjid pada bulan Ramadan.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 24/4/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer