Sukses


7 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Selain menjadi ladang ibadah untuk mendapatkan banyak pahala, tidak sedikit yang memanfaatkan puasa Ramadan sebagai cara untuk diet sehingga bisa menurunkan berat badan.

Banyak orang yang berharap berat badannya akan turun setelah menjalani puasa Ramadan selama sebulan penuh.

Namun, pada kenyataannya tak sedikit yang justru mengalami kenaikan berat badan saat menjalani puasa Ramadan. Umumnya, hal ini terjadi akibat pola makan yang diterapkan tidak benar seakan "balas dendam" saat berbuka puasa.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki permasalahan yang sama, segera ubah pola hidup tersebut sebelum terlambat agar impian menurunkan berat badan Anda tidak berakhir menjadi angan-angan semata.

Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan di bulan puasa?

Berikut beberapa cara efektif menurunkan berat badan saat puasa Ramadan, yang perlu dicermati, dinukil dari laman Healthcanal, Kamis (7/4/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

1. Tetap Sahur

Tidak sedikit orang yang ingin menurunkan berat badan saat puasa mungkin akan melewatkan sahur. Namun, ternyata, hal ini justru tidak disarankan.

Sahur merupakan satu di antara bagian terpenting dalam melaksanakan ibadah puasa. Makan saat sahur bertujuan untuk mempertahankan energi Anda sepanjang hari selama berpuasa. 

Jadi, Anda tidak akan merasa lemas dan cepat lapar di siang hari. Melewatkan makan sahur ketika sedang diet justru hanya akan membuat Anda makan lebih banyak pada saat berbuka.

2. Buka Puasa dengan Menu Seimbang

Saat sedang berpuasa, metabolisme dalam tubuh akan melambat sehingga kebutuhan akan energi tubuh otomatis berkurang. Akan tetapi, ini bukan berarti dapat memakan semua makanan saat berbuka puasa.

Cara tepat untuk menurunkan berat badan saat puasa adalah dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang dan mengandung nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan yang tidak kalah penting, mengandung mineral.

3 dari 5 halaman

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

3. Mengurangi Gula

Banyak yang salah kaprah dengan istilah "berbukalah dengan yang manis’". Tidak sedikit yang memandang bahwa hal ini adalah sunah Nabi Muhammad saw. Maka itu, pasti orang-orang menyajikan menu buka puasa dengan yang manis-manis, seperti kolak, es teh manis, sirup, dan lain sebagainya.

Faktanya, Rasulullah saw., menganjurkan untuk mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa. Selain itu, ada baiknya Anda mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.

Gula dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan, dan sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi gula alami yang berasal dari buah atau madu. 

4. Tetap Berolahraga

Berolahraga dapat menjadi cara selanjutnya untuk menurunkan berat badan, meski sedang melaksanakan ibadah puasa. Hanya, Anda harus mengurangi tingkat intensitas dalam berolahraga.

Sebab, tubuh secara alami menjadi kurang efektif karena energi yang diperoleh kurang. Anda dapat mencobanya dengan melakukan yoga yang dapat membantu mengelola stres dan membakar kalori.

4 dari 5 halaman

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

5. Hindari Makan Gorengan

Mungkin Anda akan tergoda melahap makanan berlemak tinggi, seperti gorengan, setelah menahan lapar selama seharian. Ketimbang gorengan, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya lemak tidak jenuh.

Hal ini karena lemak tidak jenuh tak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Di sisi lain, mengonsumsi gorengan akan menghambat proses menurunkan berat badan saat puasa karena mengandung lemak jenuh.

6. Menjaga Porsi Makan

Meski Anda tidak makan maupun minum seharian, Anda tetap harus menjaga porsi makan yang cukup, baik ketika sahur maupun berbuka. Makan dengan porsi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula secara tiba-tiba.

Hal ini tentu tidak baik karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang banyak ketika sedang berpuasa. Anda dapat menggunakan piring dengan ukuran lebih kecil supaya tidak makan berlebihan.

5 dari 5 halaman

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadan

7. Minum Banyak Air

Saat berpuasa, orang kerap merasa cepat haus sehingga tubuh akan terasa lemas. Maka itu, penting untuk Anda menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan tubuh.

Pilihlah makanan yang mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Setidaknya, Anda harus memperbanyak minum air putih sebanyak dua liter per hari untuk menjaga tuubh tetap terhidrasi.

 

Sumber: Healthcanal

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer