Sukses


Jenis-Jenis RAM yang Sering Dipakai, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - RAM atau Random Access Memory adalah hardware yang terdapat pada perangkat komputer, laptop, dan smartphone. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.

RAM hanya bekerja saat suatu perangkat dalam keadaan hidup atau beroperasi. Hal ini bermaksud agar perangkat elektronik yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.

Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut.

Dengan begitu, kegiatan yang dilakukan pada perangkat seperti proses penyimpanan maupun membuka data, dan menjalankan program akan makin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Ada berbagai macam RAM yang biasa ditemukan dan sering digunakan. Apa saja jenis-jenis RAM tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis RAM, lengkap beserta penjelasannya, seperti dilansir dari diskominfo.kuburayakab.go.id, Kamis (7/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. Dynamic RAM (DRAM)

Dynamic RAM merupakan jenis-jenis RAM yang disegarkan atau refresh oleh Central Processing Unit (CPU) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

Keuntungan dari D RAM ini adalah kesederhanaan struktural karena hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat buah transistor S RAM.

3 dari 8 halaman

2. SD RAM

Sychronous Dynamic Random Access Memor atau SDRAM merupakan RAM lanjutan dari DRAM. Namun, jenis RAM ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya, SD RAM lebih cepat dibandingkan D RAM.

Kecepatan RAM ini bisa mencapai 100 hingga 133 MHz. Ciri-ciri SD RAM, terdapat dua celah pada bagian kakinya dan diletakkan pada slot DIMM/SD RAM di motherhood, serta mampu menampung memori hingga 1 GB.

4 dari 8 halaman

3. DDR RAM

Double Rate Random Access Memory atau DDR RAM merupakan jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama.

Jenis RAM ini mempunyai kapasitas 184 pin dan mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah. DDR RAM ini memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3, sementara DDR4 merupakan pengembangan dari DDR RAM.

Jenis RAM ini banyak digunakan pada laptop guna untuk menghemat daya listrik dan lebih maksimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar, hingga 16 GB per chipnya.

5 dari 8 halaman

4. RD RAM

Rambus Dynamic Random Access Memory atau RDR RAM proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis RAM ini biasanya digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan pentium 4 dengan slot memori mencapai 184 pin.

Jenis RAM ini menggunakan slot RIMM yang sama dengan SD RAM, di mana ini merupakan sebuah teknologi chip dinamis besutan Rambus.

6 dari 8 halaman

5. S RAM

Static Random Access Memory atau S RAM merupakan jenis RAM yang dapat menyimpan data tanpa harus ada penyegaran atau refresh dari CPU. Jenis RAM ini memiliki proses kerja yang lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

S RAM memiliki desain cluster enam transistor yang berguna untuk menyimpan setiap bit informasi. Desain inilah yang membuat S RAM lebih mahal dan lebih cepat.

Secara fisik chip, biaya pemanufakturan chip kira-kira 30 kali lebih besar dari D RAM. Namun, S RAM memiliki kekurangan yaitu biaya produksi yang mahal. Hal ini membuat persediaannya hanya dalam kapasitas kecil dan dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

7 dari 8 halaman

6. EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM merupakan jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium dan cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz.

Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan. Jenis memori ini juga banyak digunakan untuk menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu, yakni FPM RAM.

Lantaran EDO RAM bisa menyimpan dan membaca secara bersamaan maka kecepatan baca tulis bisa lebih cepat juga.

 

8 dari 8 halaman

7. NV RAM

Non Volatile Random Access Memory atau NV RAM merupakan jenis memori komputer dengan akses acak. NV RAM biasanya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware seperti EFI, BIOS, atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded seperti router.

Pada umumnya NV RAM dirancang dengan manufaktur CMOS agar daya yang dibutuhkan juga kecil. Untuk menghidupkannya agar data yang disimpan tidak hilang, NV RAM menggunakan baterai Litium dengan CR-2032.

Data yang tersimpan pada memori ini tidak akan hilang, kendati daya dimatikan.

 

Sumber: Web Diskominfo Kab. Kubu Raya

Video Populer

Foto Populer