Sukses


7 Cara Membangunkan Anak agar Tidak Rewel saat Sahur

Bola.com, Jakarta - Biasanya momen membangunkan anak akan dipenuhi "drama" si kecil saat sahur. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan yang cukup besar bagi orang tua.

Membangunkan anak saat sahur terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, anak sering kali merengek atau rewel karena masih mengantuk.

Kondisi ini wajar terjadi karena anak tidak terbiasa untuk bangun pada dini hari. Apa lagi jika malam sebelumnya, anak tidur larut.

Di sisi lain, sebagai orang tua, penting untuk membiasakan si kecil bangun sahur selama puasa Ramadan. Maka itu, orang tua perlu cara khusus agar anak tidak rewel dan bersemangat untuk bangun sahur.

Berikut ini beberapa cara membangunkan anak agar tidak rewel saat sahur, yang bisa dicoba orang tua, disadur dari Merdeka, Senin (9/4/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Membangunkan Anak agar Tidak Rewel saat Sahur

1. Beri Pemahaman Penting tentang Sahur

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memberi pemahaman pentingnya makan sahur dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Jelaskan pula bahwa makan sahur merupakan aktivitas yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.

Beri tahu kapan anak harus bangun sahur dan dampak yang didapat dari melewatkan sahur. Selain pentingnya sahur, jelaskan tentang keutamaan berpuasa, kewajiban, dan apa saja yang didapat dari berpuasa.

Ingatkan pula pada anak tentang keikhlasan beribadah semata-mata hanya untuk Allah. Jadi, saat bangun untuk sahur, anak memiliki pemahaman bahwa makan sahur tersebut dijalani dengan ikhlas karena Allah, bukan karena paksaan orang lain.

2. Biarkan Anak Terima Konsekuensi

Alih-alih memaksa anak untuk bangun atau memarahinya, Anda bisa mengajarkan anak untuk menerima konsekuensi jika ia tidak sahur. Jika anak memang benar-benar tidak bisa bangun dan rewel, biarkan dirinya tetap tidur dan menerima konsekuensi merasa lapar saat berpuasa.

Jika Anda sudah memberi pemahaman tentang kewajiban berpuasa, anak akan segan untuk membatalkan puasa.

3 dari 4 halaman

Cara Membangunkan Anak agar Tidak Rewel saat Sahur

3. Siapkan Makanan Favoritnya

Cara membangunkan anak agar tidak rewel saat sahur yang bisa dicoba selanjutnya dengan menyiapkan menu favoritnya. Anak akan merasa antusias untuk maka sahur jika disajikan makanan kesukannya.

Siapkan makanan kesukaan anak dan pastikan menu favoritnya kaya akan nutrisi dan vitamin supaya anak punya cukup stamina untuk menjalankan ibadah puasa.

4. Ajari Anak untuk Masak Masakan Sahur

Selain menyiapkan makanan kesukaan anak, Anda bisa mengajak anak untuk memasak makanan sahurnya sendiri. Pada siang hari, ajak anak untuk berbelanja bahan makanan. Lalu pada sore atau malam ajak anak untuk memasak makanan sahurnya.

Anda bisa menjadikan kegiatan memasak makanan sahur ini sebagai rutinitas harian anak selama puasa.

Dengan memasak makanan sahurnya sendiri, anak akan lebih menghargai makanan yang ia buat. Anak juga nantinya akan semangat untuk bangun sahur dan menyantap masakannya sendiri.

4 dari 4 halaman

Cara Membangunkan Anak agar Tidak Rewel saat Sahur

5. Mulai Atur Jam Tidur

Saat puasa, pola tidur akan berubah karena harus bangun untuk makan sahur. Agar jam tidur anak tidak berkurang, ajak anak untuk tidur malam lebih awal. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tidur berkualitas, meski harus bangun pada lebih pagi untuk makan sahur.

6. Batasi Penggunaan Gadget

Sebelum tidur, hendaknya batasi penggunaan gadget pada anak agar si kecil dapat tidur lebih awal. Layar gadget elektronik memancarkan cahaya biru yang kuat.

Cahaya biru ini setelah memasuki retina diubah menjadi sinyal neurologis yang menciptakan ilusi siang hari di kelenjar pineal. Hasilnya, cahaya biru akan mengganggu produksi melatonin, hormon yang dikeluarkan pada malam hari untuk membantu tidur.

7. Beri Penghargaan

Memberikan penghargaan kepada anak merupakan cara membangunkan anak agar tidak rewel saat sahur yang terakhir.

Agar anak bersemangat untuk sahur hendaknya memberikan penghargaan yang bisa orang tua berikan seperti pujian ataupun hadiah kecil agar anak lebih tergugah untuk bangun sahur.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Published: 24/4/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer