Sukses


Jonathan Christie dan Rinov / Pitha Melangkah ke Semifinal Korea Open 2022: Laga Sulit dan Bukan Permainan Terbaik

Bola.com, Suncheon - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, dan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berhasil memastikan diri melangkah ke semifinal Korea Open 2022 dengan mengalahkan lawannya masing-masing di perempat final yang digelar di Palma Indoor Stadium, Suncheon, Jumat (8/4/2022). Baik Jojo maupun Rinov/Pitha mengakui langkah mereka ke semifinal tidaklah mudah.

Jonatan Christie harus menjalani pertarungan selama 77 menit untuk bisa mengalahkan tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, pada babak perempat final Korea Open 2022. Jojo, sapaan karibnya, berhasil menang lewat rubber-gim, 8-21, 21-17, dan 21-19.

Jojo mengawali pertandingan dengan cukup lambat. Ia tertinggal 0-8 dan 4-11 di gim pertama hingga akhirnya memang harus menyerah 8-21 di gim awal tersebut. Jojo sempat belum mampu bangkit di awal gim kedua dan tertinggal 6-11.

Namun, setelah itu Jojo mulai menipiskan jarak dan mulai menanjak ketika memasuki angka 12-16. Ia meraih enam poin beruntun untuk membuat kedudukan menjadi 18-16 dan kemudian menang 21-17.

Jojo juga sempat tertinggal di awal gim ketiga hingga 7-11. Namun, dengan semangat pantang menyerah, stamina yang prima dan strategi yang tepat, Jojo berhasil membuat Kunlavut kewalahan di sisa pertandingan.

"Pertandingan hari ini memang tidak mudah. Ini sudah turnamen keempat buat saya dan kondisi cukup terkuras. Pada gim pertama, jujur agak tertekan karena dia terlihat prima. Tapi, Puji Tuhan saya bisa berusaha untuk terus berjuang dan memenangkan pertandingan," ujar Jojo.

"Pada gim kedua dan ketiga, saya selalu tertinggal saat interval. Namun, lagi-lagi berkat kemurahan Tuhan, saya bisa memiliki kekuatan dan tenaga tambahan untuk mengejar dan berbalik unggul. Saya juga dikasih ketenangan dan semangat juang keluar," sambungnya setelah memenangi laga perempat final Korea Open 2022 itu.

2 dari 3 halaman

Rinov/Pitha Merasa Beruntung

Sementara itu, ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, berhasil melangkah ke semifinal Korea Open 2022 juga melalui rubber-gim. Dengan susah payah pasangan Indonesia ini menyingkirkan wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Rinov/Pitha melangkah ke semifinal dengan kemenangan 15-21, 21-18, 21-16. Walau menang, pasangan unggulan keenam tersebut merasa beruntung karena sebenarnya belum bermain bagus.

"Alhamdulillah hari ini kami masih diberi kemenangan karena kami merasa belum bermain bagus," ucap Rinov.

"Kami masih banyak melakukan kesalahan sendiri, banyak mati sendiri. Benar-benar rezeki dari Allah SWT," lanjutnya.

Penampilan Rinov/Pitha memang naik turun sepanjang pertandingan. Setelah berimbang di dua gim awal, mereka tertinggal 6-11 di interval gim penentuan. Perlahan Rinov/Pitha mulai mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan 14-14. Pasangan Jepang kembali unggul 16-14, sebelum akhirnya Rinov/Pitha mampu mengemas tujuh poin beruntun untuk menutup laga.

Selain performa yang belum konsisten, di pertandingan hari ini fokus Rinov/Pitha juga terpecah karena banyaknya service fault yang mereka terima.

"Tadi walau kami bermain tidak bagus, kami tidak mau menyerah. Selama pertandingan belum berakhir kami selalu berusaha. Itu mungkin yang bisa membuat kita menang hari ini," kata Rinov.

"Sempat bingung saja tadi banyak fault saat melakukan serve, fokus jadinya sedikit goyah. Semoga besok kami bisa lebih baik," harapnya.

 

3 dari 3 halaman

Hasil dan Jadwal Wakil Indonesia di Korea Open 2022

Hasil Perempat Final Korea Open 2022

  • Jonatan Christie vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand): 8-21, 21-17, 21-19
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang): 15-21, 21-18, 21-16
  • Sesar Hiren Rhustavito vs Victor Svendsen (Denmark): 14-21, 12-21

Note: BOLD (pemenang)

 

Jadwal Perempat Final Korea Open 2022

  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Choi Solgyu/Kim Wonho (Korea)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia)
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Yong Jin/Na Sung Seung (Korea)

Video Populer

Foto Populer