Sukses


Daftar Menu Makanan Praktis yang Bisa Dibuat saat Telat Bangun Sahur

Bola.com, Jakarta - Sahur adalah aktivitas makan dan minum yang dilakukan sebelum menjalani puasa. Makan sahur merupakan amalan sunah saat akan berpuasa.

Kendati demikian, makan sahur ternyata diutamakan agar kuat menjalani puasa. Selain itu, berkah yang didapatkan saat sahur sayang jika dilewatkan.

Sangat merugi orang yang tidak menyempatkan diri untuk makan sahur. Maka itu, jangan sampai melewatkan makan sahur saat berpuasa.

Jika khawatir bangun terlambat saat sahur dan sudah mendekati imsak, ada beberapa menu makanan praktis yang bisa menjadi pilihan.

Jangan sampai hanya gara-gara telat bangun, akhirnya tidak makan sahur dan harus menahan lemas saat berpuasa. Dengan sedikit waktu, ada beberapa menu santapan sahur yang relatif sehat dan cepat dibuat.

Berikut ini daftar menu makanan praktis yang bisa dibuat saat terlambat bangun sahur, seperti disadur dari Klikdokter, Sabtu (9/4/2022).

2 dari 5 halaman

Menu saat Telat Bangun Sahur

1. Nasi dan Telur Ceplok

Menu ini tentu sudah tidak asing lagi, terutama bagi orang Indonesia. Nasi dan telur ceplok dapat dijadikan sebagai satu di antara menu praktis untuk sahur yang dapat disiapkan dalam waktu cepat.

Untuk tambahan serat, Anda dapat memilih potongan timun dan tomat.

2. Telur Rebus

Tak hanya diceplok atau didadar saja, Anda dapat mengonsumsi telur dengan cara direbus. Dengan merebusnya di dalam air mendidih selama kurang lebih 8-10 menit, sudah mendapatkan telur rebus yang siap dinikmati.

Anda dapat mencampurkan telur rebus dengan salad sayuran yang berisi selada, jagung, tomat, atau potongan wortel kecil sebagai pelengkap untuk memperkaya nutrisi yang Anda konsumsi.

3 dari 5 halaman

Menu saat Telat Bangun Sahur

3. Nasi dengan Ikan Sarden

Jika Anda bangun telat untuk makan sahur, pastikan punya setidaknya satu kaleng sarden yang tinggal dipanaskan sekitar 2-3 menit saja guna disantap dengan nasi. Jadi, jangan lupa menanak nasi putih sebelum tidur.

4. Omelet Keju dan Bayam

Omelet dapat menjadi satu di antara menu praktis yang bisa jadi andalan saat telat sahur. Anda dapat mencampurkan keju dan bayam, lalu dikocok ke dalam dua butir telur.

Tuangkan adonan ke dalam wajan dan tunggu hingga matang. Dalam menu ini sudah terkandung protein, lemak, dan serat. Anda dapat mengonsumsinya bersama nasi dan sayuran sebagai sumber karbohidrat dan serat.

4 dari 5 halaman

Menu saat Telat Bangun Sahur

5. Overnight Oat

Overnight oat merupakan satu di antara menu praktis untuk sahur. Menu ini merupakan variasi olahan oat yang didiamkan semalaman di dalam kulkas.

Overnight oat bisa juga dicampurkan dengan susu atau yoghurt. Kemudian, tambahkan topping, seperti aneka buah berry, pisang, irisan apel, jeruk, serta kacang-kacangan.

Sebaiknya, overnight oat disiapkan semalam sebelumnya sehingga saat waktu sahur tiba hanya tinggal menyantapnya.

6. Roti Panggang dengan Telur dan Alpukat

Roti panggang adalah menu mudah dan cepat untuk sahur. Anda dapat memanggang roti gandum, kemudian tambahkan irisan alpukat dan telur serta tambahan potongan tomat di atasnya. Anda dapat menambahkan yoghurt sebagai pengganti selai.

5 dari 5 halaman

Menu saat Telat Bangun Sahur

7. Burrito Simpel dan Sehat

Menu praktis untuk sahur berikutnya adalah membuat wrap atau burrito sederhana dan sehat. Adapun yang diperlukan dalam membuat menu tersebut adalah roti atau tortilla, kemudian tambahkan berbagai isian yang disukai, seperti daging asap, tomat, selada, saus tomat.

Setelah itu, gulung roti atau tortilla hingga berbentuk lonjong kemudian siap disantap.

8. Sereal

Sereal dapat dijadikan sebagai menu sahur yang cukup praktis. Sereal biasanya dikonsumsi bersama dengan susu dan potongan buah.

Sebagai panduan, pilihlah sereal yang berbahan dasar gandum dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan serat Anda sehingga akan kenyang lebih lama.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/5/2021)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer