Sukses


Kumpulan Contoh Resensi Novel yang Bisa Jadi Referensi

Bola.com, Jakarta - Resensi adalah kegiatan menilai, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi yang ada di dalam sebuah karya dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku.

Dalam praktiknya, penulis resensi memberikan gambaran kepada khalayak mengenai suatu karya apakah layak atau tidak. Dengan adanya resensi, akan timbul keinginan dari seseorang untuk menikmati suatu karya.

Ada banyak jenis karya yang bisa diresensi atau diulas. Satu di antara jenis karya yang sering diresensi ialah novel.

Novel merupakan suatu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa, yang memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Isi novel lebih panjang dan lebih kompleks dari isi cerpen serta tidak mempunyai batasan struktural dan sajak.

Berikut ini beberapa contoh resensi novel yang bisa dibaca dan dijadikan referensi, seperti dilansir dari laman made-blog.com, Senin (11/4/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Resensi Novel Perahu Kertas

  • Identitas Buku

Judul buku: Perahu Kertas

Penulis Buku: Dewi Lestari

Tebal Halaman: 444 hlm

Nama Penerbit : Treudee Pustaka dan Bentang Pustaka

Tahun Penerbitan: 2010

  • Sinopsis

Perahu Kertas merupakan satu di antara karya dari Dewi lestari yang sudah diangkat dalam film layar lebar. Perahu Kertas mengisahkan tentang seorang pria bernama Keenan, yang telah menyelesaikan pendidikannya di Belanda yang bercita-cita menjadi seorang seniman lukis. Namun, ayah Keenan tidak mengizinkan dan lebih menginginkan Keenan belajar di perguruan tinggi fakultas ekonomi.

Dikisahkan pula seorang perempuan yang bernama Kugy dengan pembawaan ceria dan periang, juga sangat menyukai dongeng. Kebiasaan Kugy menuliskan segala perasaannya pada kertas yang kemudian dibentuk seperti perahu lalu menghanyutkannya di sungai berharap Dewa Neptunus membacanya.

Kugy memiliki dua orang sahabat yang bernama Eko dan Noni, mereka berteman sejak masih kecil. Mereka jugalah yang mempertemukan Keenan dan Kugy, yang kemudian berakhir saling menyukai, tetapi keduanya memilih untuk tak mengungkapkan perasaan masing-masing. Hal ini dikarenakan Kugy sudah memiliki Joshua dan Keenan dijodohkan dengan Wanda.

Kugy kembali ke Jakarta setelah menamatkan pendidikannya dan bekerja sebagai copywriter. Sedangkan Keenan memiliki tekad untuk menjadi pelukis, meski ditentang ayahnya. Keenan memutuskan untuk pergi ke Bali dan menemui sahabta ibunya yang bernama Pak Wayan, lalu bertemulah ia dengan Luhde Laksmi yang membuatnya jatuh cinta.

  • Kelebihan

Kelebihan buku ini adalah para karakternya sangat kuat, penulis menggambarkan setiap karakternya begitu unik dan penuh kesan. Tak hanya mengisahkan tentang percintaan, tetapi juga tentang persahabatan yang membuat alurnya makin menarik. Ceritanya pun tak berbelit-belit sehingga mudah dipahami

  • Kekurangan

Alurnya mudah ditebak sebab mengangkat kisah-kisah umum yang terjadi dalam persahabatan.

3 dari 5 halaman

Contoh Resensi Novel London Love Story

  • Identitas Buku

Judul Buku: London Love Strory

Nama penerbit: Loveable

Tahun Penerbitan: 2015

Pengarang: Tisa TS dan didampingi oleh Stanley Maulen

Tebak Buku: 192 hlm

Nomor Edisi: ISBN 978 – 602 – 72989 – 7 – 2

  • Sinopsis

London Love Story adalah sebuah film yang kemudian dibuat dalam bentuk novel karena saking banyaknya permintaan yang bermunculan. Penulis novel, Tisa TS, akhirnya membuat buku dengan judul yang sama dengan didampingi oleh Stanley Maulen yang membantunya mengedit novel tersebut.

Berbeda dengan film yang sudah ditayangkan, versi novel London Love Story mengisahkan tentang cinta yang akan terjadi di masa depan. Tentang seorang yang dituntut untuk memperjuangkan cintanya juga tentang bagaimana cara memperjuangkan cinta untuk masa yang akan datang. Novel romansa ini juga membubuhkan hal mengenai persahabatan

Meski sangat didominasi dengan kisah percintaan, novel ini juga mengisahkan tentang bagaimana membuka hati agar terus melangkah maju dan percaya akan adanya kesetiaan. Penulis mengambil Kota London sebagai latar tempat dalam cerita tersebut. Tentang beberapa tempat yang indah, kesejukan udaranya, dan lain sebagainya.

  • Kelebihan

Ceritanya unik dan sedikit nyentrik. Tempat yang digambarkan juga sangat sesuai dengan aslinya. Meski begitu, pengarang London Love Story juga tak lupa membubuhkan alam Indonesia dalam karyanya. Dengan mengangkat genre romansa penulis tak segan membubuhinya dengan kisah persahabatan yang terjalin erat.

  • Kekurangan

Tidak ada kejelasan kenapa tiba-tiba Caramel, yakni salah seorang tokoh dalam novel tersebut menghilang tanpa alasan. Setidaknya novel ini diberi rentang umu, agar dengan himbauan bahwa anak di bawah umur dilarang untuk membaca novel tersebut.

4 dari 5 halaman

Contoh Resensi Novel Dilan

  • Identitas buku

Penulis: Pidi Baiq

Judul Buku: Dilan 1990

Penerbit Buku: Pastel Books

Tebal Halaman: 332 hlm

Nomor Edisi: ISBN 978 – 602 – 7870 – 41 – 3

  • Sinopsis

Mengangkat kisah percintaan pada masa putih abu-abu, novel Dilan mengisahkan tentang sepasang muda-mudi yang bernama Dilan dan Milea. Karakter Dilan digambarkan sebagai seorang remaja yang memiliki kepridaian sedikit aneh karena geng motor yang dipimpinnya, serta tukang bikin ulah di sekolah.

Meski begitu, Dilan adalah murid yang selalu menjadi peringkat pertama di kelas. Milea yang merupakan sosok murid baru di sekolah tersebut mulai penasaran dengan sosok Dilan yang dikenal urakan, tetapi pandai berpuisi dan menyukai sastra yang kadang kala Dilan berikan pada Milea.

Novel yang berjudul Dilan ini lebih menggambarkan tentang bagaimana perasaan Milea yang terhanyut oleh kata-kata Dilan yang kadang absurd itu. Kebingungan juga terkadang hinggap pada hati Milea, pasalnya ungkapan perasaan dari Dilan seolah mengambang tanpa menemukan titik temu, sebab Mile merasa tak mendapat kepastian.

Cowok penyuka sastra seperti Dilan memiliki cara tersendiri dalam menyatakan cintanya pada Milea. Kisah yang berlatarkan tahun 90-an ini dikemas secara berbeda dan telah diangkat menjadi film layar lebar. Kisah romansa yang unik dan membuat pembaca makin tertarik.

  • Kelebihan

Pidi Baiq seolah berhasil memainkan emosi pembacanya sehingga terlarut dalam kisah cinta dua remaja SMA ini. Bahasanya ringan sehingga mudah dipahami, novel yang diangkat dari kisah nyata ini benar-benar telah memengaruhi pembacanya dengan begitu besar.

Mereka seolah dibuat bertanya-tanya tentang kebenaran sosok Milea dan Dilan. Pidi Baiq juga menyisipkan beberapa gambar dalam novelnya sehingga pembaca tidak cepat bosan dan ingin terus menikmati alur cerita yang disajikan.

  • Kekurangan

Tidak ada kejelasan di akhir cerita, jadi seolah kisahnya menggantung di tengah-tengah. Banyak cuplikan-cuplikan yang masih belum terjawab. Tentang ke mana Dilan dan lain sebagainya. Konfliknya juga seolah belum terselesaikan, mungkin penulis juga ingin membuat rasa penasaran pembacanya makin tinggi.

5 dari 5 halaman

Contoh Resensi Novel Dear Nathan

  • Identitas buku

Judul: Dear Nathan

Penerbit buku : Best Media

Tahun penerbitan : Maret 2016

Jumlah Halaman: 528 halaman

Nomor Edisi: ISBN 978-602-6940-14-8

  • Sinopsis

Dear Nathan menceritakan tentang beberapa remaja yang masih dalam lingkup anak SMA. Ada dua tokoh utama dalam novel tersebut, kedua tokoh tersebut memiliki karakter atau watak yang jauh berbeda bagaikan langit dan bumi.

Salma, murid pindahan yang dalam novel tersebut ditempatkan di sekolah yang kebanyakan siswanya suka dengan tawuran dan urakan. Salma adalah seorang gadis lugu yang segala tindakannya harus sempurna karena dia takut jika berbuat kesalahan di sekolah barunya.

Di hari pertama ia bersekolah, Salma sudah terlambat upacara bendera jadi gerbang sekolah sudah dalam keadaan terkunci, Salma pun tak bisa masuk. Namun, tiba-tiba ada seorang remaja laki-laki yang menghampirinya.

Remaja itu bernama Nathan, yang membantu Salma mengatasi masalahnya karena menunjukkan jalan rahasia untuk masuk sekolah tanpa melalui gerbang depan. Di suatu waktu akhirnya Salma tahu bahwa cowok yang menolongnya dari keterlambatan termasuk salah seorang murid di sekolah tersebut yang dikenal suka bikin ulah dan hobi berkelahi.

Waktu berjalan makin cepat, Nathan merasa canggung dengan dirinya sendiri, ia seakan tak mengenal dirinya. Nathan heran kenapa saat ia dekat dengan Salma, ada sambutan halus dari hatinya. Seakan ada kebahagiaan tersendiri yang ia rasakan.

Entah apa yang terjadi, hubungan Nathan dan Salma menjadi makin dekat. Nathan yang sebelumnya dikenal urakan telah banyak mengalami perubahan. Nathan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Meski begitu, Nathan tak pernah mampu mengungkapkan perasaannya pada Salma karena menurutnya Salma selalu jutek jika bicara dengannya. Lalu bagaimana dengan Salma? Apakah Salma juga memiliki rasa yang sama seperti apa yang dirasakan Nathan terhadap dirinya?

  • Kelebihan

Dengan berlatar anak SMA, novel ini sangat akrab untuk anak-anak remaja. Penulis novel menggambarkan karakter tokoh-tokohnya dengan jelas. Sosok Nathan digambarkan sebagai sosok yang aktif dan unik sehingga membuatnya sulit ditebak. Meski begitu, dalam novel ini Nathan adalah seorang laki-laki yang tidak suka melihat perempuan diremehkan dan disakiti. Hal ini bisa dilihat dari rangkaian kata-kata yang tertulis dalam novel Dear Nathan.

  • Kekurangan

Kaidah literasi yang digunakan kurang baik, ada beberapa kata yang dinilai tidak baku dan tidak efisien. Penggunaan diksi dalam novel Dear Nathan juga terkadang tidak pas. Novel yang diangkat dari waatpad ini juga menggunakan sapaan, 'saya-kamu', untuk tokoh Nathan yang dirasa pembaca sangat tidak cocok untuk karakter seorang Nathan yang sebelumnya digambarkan sebagai bad guy.

 

Sumber: made-blog

Video Populer

Foto Populer