Sukses


Daftar Menu Sahur Terbaik untuk Pengidap Mag

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang memiliki penyakit mag dan menjalankan ibadah puasa, Anda perlu benar-benar memperhatikan menu sahur yang dikonsumsi.

Mag atau gastritis disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada mukosa lambung. Infeksi ini paling sering diakibatkan oleh bakteri Helicobacteri pylori.

Gejala paling sering yang dikeluhkan pengidap mag adalah nyeri dan rasa tidak nyaman di perut. Bahkan terkadang hingga mual dan muntah-muntah.

Menjalankan ibadah puasa tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pengidap mag. Oleh sebab itu, pengidap mag membutuhkan menu sahur yang tepat selama menjalankan puasa Ramadan agar kondisi lambungnya tak makin parah.

Berikut daftar menu sahur terbaik untuk pengidap mag, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (12/4/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Menu Sahur Terbaik untuk Pengidap Mag

1. Makanan dengan Bumbu Sederhana

Menu sahur yang aman untuk pengidap mag satu di antaranya adalah makanan berbumbu sederhana. Anda bisa memasak sendiri menggunakan bumbu sederhana, seperti bawang putih, merica, dan garam.

Jadi, Anda harus menghindari makanan pedas, kaya bumbu, dan asam yang cenderung mengiritasi saluran cerna. Anda harus berusaha menghindari menu sahur dengan kandungan bumbu, seperti tomat, jeruk, lemon, serta jeruk bali.

2. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks termasuk menu sahur yang aman untuk pengidap mag. Hal ini disebabkan jenis karbohidrat ini akan membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Jadi, saat sahur, Anda bisa memilih menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti sereal, oatmeal, granola, atau nasi merah. Maka itu, pilih karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana, seperti roti dan biskuit.

3 dari 4 halaman

Daftar Menu Sahur Terbaik untuk Pengidap Mag

3. Sayuran

Makan sayuran yang cukup ketika sahur akan membantu mencegah asam lambung naik. Jenis sayuran yang bisa Anda pilih, antara lain bayam, asparagus, dan pakcoy.

Sebagai informasi, asparagus bersifat alkali, sehingga baik untuk kesehatan lambung. Selain itu, sayuran hijau seperti pokcoy membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Bila Anda memiliki penyakit mag, deretan asupan di atas baik untuk dikonsumsi sebagai menu sahur.

4. Kurma

Satu di antara menu sahur yang aman untuk pengidap maag adalah kurma. Tidak hanya perlu dikonsumsi saat sahur saja, Anda bisa mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.

Kurma adalah makanan kaya akan gula, serat, kalium, dan magnesium sehingga baik untuk pengidap mag.

4 dari 4 halaman

Daftar Menu Sahur Terbaik untuk Pengidap Mag

5. Jus yang Tidak Asam

Jus buah asli mengandung serat tinggi sehingga membantu mempertahankan rasa kenyang. Para pengidap maag bisa menjadikan jus buah tanpa tambahan sebagai menu sahur yang aman.

Selain itu, buah mengandung kalium sehingga baik dikonsumsi pengidap mag. Beberapa buah yang direkomendasikan adalah melon dan pisang. Keduanya bersifat alkali sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi keluhan mag.

6. Kacang Almond

Kacang almond maupun susu almond bisa dijadikan menu sahur yang aman untuk pengidap maag. Baik dikonsumsi dalam bentuk kacang-kacangan maupun susu, almond sama-sama baik bagi tubuh. Keduanya mengandung protein dan serat tinggi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi. Editor: Fadila Adelin. Published: 8/5/2021) 

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer