Sukses


Jenis-Jenis Tangkisan dalam Pencak Silat yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pencak silat adalah olahraga bela diri yang mengandung nilai-nilai seni tradisional. Pencak silat menjadi satu di antara tradisi dari Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pencak silat adalah kepandaian berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian.

Pencak silat merupakan sebuah bela diri yang punya teknik dan tidak boleh digunakan secara asal-asalan. Ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Satu di antara teknik dasar dalam pencak silat yang harus dikuasai adalah tangkisan. Teknik tangkisan adalah teknik yang digunakan untuk menahan serangan lawan dengan menangkis menggunakan tangan atau kaki.

Hal tersebut dilakukan agar serangan lawan tidak mengenai sasaran membahayakan. Maka itu, penting menguasai jenis-jenis tangkisan dalam pencak silat.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis tangkisan dalam pencak silat yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (12/4/2022).

2 dari 7 halaman

Tangkisan Dalam

Tangkisan dalam adalah menahan serangan dengan cara menggerakkan tangan dari luar ke arah dalam tubuh. Jika tangan kanan yang digunakan untuk menahan serangan maka gerakan tangan kanan ke arah kiri.

Sebaliknya jika tangan kiri yang digunakan untuk menahan serangan maka gerakan tangan ke arah kanan. Cara melakukan teknik tangkisan dalam, yakni:

  • Langkah pertama, melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu, siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian satu di antara tangan ditarik sejajar dengan bahu dari luar menuju dalam.
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
3 dari 7 halaman

Tangkisan Luar

Tangkisan luar adalah menahan serangan dengan cara menggerakkan tangan dari dalam ke arah luar. Jika tangan kanan yang digunakan untuk menahan serangan maka gerakan tangan kanan ke arah kanan.

Sebaliknya, jika tangan kiri yang digunakan untuk menahan serangan maka gerakan tangan ke arah kiri. Berikut ini cara melakukan teknik dasar tangkisan luar:

  • Langkah pertama, melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian satu di antara tangan ditarik sampai sejajar dengan bahu dari dalam menuju depan keluar.
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
4 dari 7 halaman

Tangkisan Atas

Tangkisan atas adalah menahan serangan dengan cara menggerakkan tangan dari arah bawah ke atas. Tangkisan ini digunakan untuk menahan/ menangkis serangan terhadap kepala.

Berikut ini cara melakukan teknik tangkisan atas:

  • Langkah pertama, melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian satu di antara tangan untuk melindungi kepala dari serangan sehingga pelaksanaannya dari bawah menuju atas.
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
5 dari 7 halaman

Tangkisan Bawah

Tangkisan bawah adalah menahan serangan dengan cara menggerakkan tangan dari atas ke arah bawah. Tangkisan bawah digunakan untuk menahan serangan terhadap kemaluan.

Berikut ini cara melakukan teknik dasar tangkisan dalam pencak silat:

  • Langkah pertama, melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian satu di antara tangan ditarik dari atas menuju bawah.
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
6 dari 7 halaman

Tangkisan Kaki

Tangkisan kaki efektif digunakan untuk menahan serangan kaki lawan ke arah tubuh bagian bawah (kaki). Tangkisan kaki dilakukan dengan cara menggerakkan lutut ke atas sesuai arah serangan lawan.

Jika serangan dari arah kanan maka gunakan lutut kanan untuk menangkis serangan, sebaliknya jika serangan dari arah kiri gunakan lutut kiri untuk menangkis serangan.

Teknik tangkisan agar efektif dan efisien dipadukan dengan teknik hindaran/elakan.

7 dari 7 halaman

Hindaran/Elakan

Hindaran/elakan adalah teknik gerakan yang dilakukan untuk menghindari serangan lawan sehingga serangan lawan tidak mengenai sasaran.

Teknik ini dilakukan dengan cara melangkahkan kaki ke samping atau ke belakang, memiringkan tubuh ke samping atau ke belakang. Kunci untuk dapat melakukan hindaran/elakan adalah kemampuan membaca gerakan serangan lawan serta kecepatan reaksi.

Kemampuan menghindar yang baik memungkinkan melakukan serangan balik secara cepat serta dapat dengan segera melumpuhkan lawan tanpa banyak membutuhkan energi.

Serangan yang dapat dihindari membuka celah lawan kehilangan keseimbangan dan dimanfaatkan melakukan serangan balik secara efektif.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer