Sukses


Bacaan Doa Salat Tahajud dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Bola.com, Jakarta - Salat tahajud menjadi satu di antara amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. kepada umatnya. Bahkan, salat tahajud dianggap sebagai ibadah salat sunah yang paling istimewa.

Telah disebutkan juga di dalam Al-Qur'an bahwa salat tahajud dapat membuat orang yang mengamalkannya diangkat ke tempat yang terpuji di mata Allah Swt.

Namun, untuk melaksanakan salat tahajud dibutuhkan kesungguhan. Apalagi salat tahajud dikerjakan pada waktu malam hari.

Pada malam hari, biasanya orang-orang susah untuk bangun dan melaksanakan salat tahajud. Hal tersebut yang membuat seseorang perlu mempunyai kesungguhan dalam melaksanakannya.

Setelah melaksanakan salat tahajud, dilanjutkan dengan membaca doa. Bacaan doa ini sifatnya tidak wajib, tetapi dianjurkan oleh Allah Swt.

Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rezeki, dan dikabulkannya doanya. Maka itu, penting mengetahui doa setelah salat tahajud.

Berikut ini bacaan doa salat tahajud dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, seperti disadur dari Dream, Rabu (13/4/2022).

2 dari 6 halaman

Bacaan Niat Salat Tahajud

Untuk mengawali salat tahajud maka dianjurkan kepada umat Muslim untuk membaca niat berikut ini:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Aku niat shalat sunah tahajjud dua raka'at karena Allah ta'ala.

Bacaan niat ini dibaca ketika hendak melakukan takbiratul ihram. Hukum membacanya adalah sunah, bukan wajib. Maka jika sebelum takbir kita tidak membaca bacaan niat tersebut, hukumnya tetap sah.

3 dari 6 halaman

Tata Cara Salat Tahajud

Cara salat tahajud sebenarnya sama dengan salat sunah lainnya. Adapun yang membedakan hanya terletak pada bacaan niat dan waktu pelaksanaannya.

Cara salat tahajud dilakukan setiap dua rakaat salam. Jumlah rakaat salat tahajud tidak terbatas. Namun, perlu diketahui melalui hadis Nabi, Rasulullah saw. tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat.

Hal itu seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Berikut tata cara salat tahajud:

  1. Niat.
  2. Takbiratul ihram (disertai dengan niat di dalam hati).
  3. Berdiri bagi yang mampu.
  4. Membaca Alfatihah (lebih baik lagi jika membaca doa iftitah terlebih dahulu sebelum membaca surat Alfatihah). Setelah membaca doa iftitah dan alfatihah, bacalah surat atau ayat tertentu. Membaca ayat atau surat tertentu hukumnya adalah sunah.
  5. Ruku dengan thumaninah.
  6. I'tidal dengan thumaninah.
  7. Sujud dua kali dengan thumaninah.
  8. Duduk di antara dua sujud dengan Thumaninah.
  9. Duduk tasyahud akhir.
  10. Membaca Tasyahud atau Tahiyyaat akhir pada duduk akhir.
  11. Membaca selawat atas Nabi saw. pada duduk akhir
  12. Salam.
  13. Tertib.
4 dari 6 halaman

Bacaan Doa setelah Salat Tahajud

Doa setelah Salat Tahajud dalam Bahasa Arab

Berikut doa setelah sholat tahajud dalam bahasa arab:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

5 dari 6 halaman

Doa setelah Salat Tahajud Latin

Berikut doa setelah salat tahajud latin:

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dukal haqq. Wa liqa'uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa'atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa 'alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

6 dari 6 halaman

Arti Doa Setelah Salat Tahajud

Berikut arti doa setelah salat tahajud dalam bahasa Indonesia:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad ﷺ itu benar. Hari Kiamat itu benar."

"Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published: 22/11/2021)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer