Sukses


Cuaca Panas pada ABL 3x3 International Champions Cup 2022 Jadi Keuntungan buat Persiapan SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - ABL 3x3 International Champions Cup 2022 sudah digelar sejak Sabtu pagi (16/4/2022) di Discovery Shopping Mall Kuta. Cuaca panas tak jadi halangan, justru ini bagus jelang perhelatan SEA Games 2021.

Ketum PB Perbasi Danny Kosasih langsung membuka kejuaraan ini. Kebetulan Indonesia Patriots menurunkan dua tim.

Pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson tergabung dalam tim A yang dihuni alumni Tim Basket 3x3 Indonesia di SEA Games 2019, Manila. Bermain di terik matahari yang cukup panas, membuat Jamarr sedikit kesulitan.

Dia mengatakan jika pertama kalinya dia bertanding sebagai penggawa 3x3 Indonesia di cuaca yang cukup panas. "Saya cukup kelelahan karena panas yang menyengat. Tapi ini jadi tantangan berat untuk saya," bebernya.

Small forward Dewa United ini mengaku masih mencoba untuk terus beradaptasi dengan perbedaan antara basket 5x5 dan 3x3. Namun untungnya jajaran pelatih bisa membantunya untuk cepat beradaptasi.

Bukti nyata adalah Indonesia Patriots A berhasil menang dua kali. Pertama mereka menang menghadapi wakil Filipina Zamboanga Valientes dengan skor 12-21.

 

2 dari 3 halaman

Sambil Pantau Tim Lain

Di pertandingan kedua, Jamarr dkk berhasil menang kontra wakil Thailand SniperX dengan skor 11-16. Melihat hasil dalam dua pertandingan perdana ini, chemistry antar pemain mulai terbangun. Ini yang diungkapkan langsung oleh Surliyadin.

Pemain Bali United Basketball tersebut mengungkapkan semakin hari perkembangan semakin lebih baik. Baginya, untuk mempertahankan medali perak di SEA Games 2021, Hanoi seperti yang dia lakukan bersama pemain lainnya saat SEA Games 2019, Manila tidak akan mudah.

Syukur-syukur medali emas bisa direbut sesuai target dari jajaran pelatih. Surliyadin bersyukur Indonesia Patriots bisa ambil bagian dalam ABL 3x3 International Championship 2022 karena dia dan rekan-rekannya yang lain bisa memantau Timnas dari negara Asia Tenggara lainnya.

Di kejuaraan kali ini, ada Timnas Vietnam, Thailand, Kamboja, dan Malaysia yang ikut ambil bagian. "Bagus ada kejuaraan ini. Jadinya kami bisa memantau perkembangan negara lain. Tapi mereka juga bisa memantau kami secara langsung," ucapnya.

"Soal chemistry, sudah mulai perkembangan. Makin kesini, makin dapat feel-nya. Yang perlu kami lakukan selanjutnya adalah adaptasi dari 5x5 ke 3x3. Meskipun sebelumnya saya sudah pernah ikut, tapi dua tahun kami vakum. Jadi perlu kalibrasi ulang dan adaptasinya harus lebih cepat," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Persiapan SEA Games

Di sisi lain Pelatih Timnas 3x3 Indonesia Ali Budimansyah mencatat perkembangan anak asuhnya sudah sesuai ekspektasi namun masih berkisar di 60 persen. Menurutnya, masih ada yang perlu diperbaiki lagi.

Kebetulan Minggu (17/4/2022), masih ada pertandingan lagi di kejuaraan ini. Ada catatan yang dimiliki oleh Ali untuk Sandy Ibrahim dkk. "Masih ada yang perlu diperbaiki terutama akurasi tembakan. Lalu ada visi bermain dari transisi offense ke deffense harus jelas dan bagus. Tapi sekarang mulai mengarah ke lebih baik," terangnya.

Ada keuntungan sendiri juga bermain di terik matahari yang panas dan angin yang cukup kencang. Saat SEA Games nanti, akurasi bisa semakin lebih baik karena bermain di ruangan tertutup. "Harusnya lebih bagus karena bermain di indoor," ungkapnya.

Usai ABL 3x3 International Champions Cup 2022, mereka sudah bersiap menuju Filipina pada akhir April. Rencananya mereka bertolak ke Filipina pada 28 April mendatang. "Mungkin hanya dua atau tiga hari. Setelah itu kembali sebelum Idul Fitri. Seharusnya sih kami punya banyak kesempatan untuk melakukan try out ke luar negeri. Untungnya ada ABL ini," tutupnya.

Video Populer

Foto Populer