Sukses


Cara agar Ibadah Salat Tarawih Makin Nyaman dan Lancar

Bola.com, Jakarta Salat tarawih adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan selama bulan suci Ramadan. Ibadah salat Tarawih dilaksanakan sesudah salat isya.

Seperti diketahui, Ramadan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadan tiba, semua umat Muslim yang sudah balig diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan.

Tak hanya itu, umat Muslim akan berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Hal itu karena setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Satu di antara amalan sunah di bulan Ramadan yang mendapatkan pahala ialah salat tarawih. Seperti ibadah lainnya, dalam salat tarawih juga harus khusuk.

Kemudian jumlah rakaat salat tarawih yang banyak terkadang membuat seseorang terasa kurang nyaman. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar salat tarawihmu makin nyaman dan lancar.

Berikut ini rangkuman tentang cara agar salat tarawih nyaman dan lancar, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (19/4/2022).

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

Kembalikan Stamina Tubuh saat Berbuka

Saat berbuka merupakan saat yang dinanti-nanti orang yang berpuasa. Hal itu karena saat berbuka puasa sudah diperbolehkan makan dan minum untuk mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa.

Untuk mengembalikan stamina tubuh, berbukalah dengan makanan dan minuman manis. Makanan dan minuman manis dalam bentuk sederhana yang mudah diserap tubuh untuk mengembalikan energi.

Kendati demikian, tetap perhatikan jumlah makanan dan minuman manis yang dikonsumsi selama bulan Ramadan agar tidak berlebihan.

3 dari 6 halaman

Jangan Menyantap Makanan Terlalu Kenyang

Memakan makanan yang terlalu kenyang dapat membuat tubuh lemas dan mengantuk. Hal ini disebabkan karena setelah mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, peredaran darah akan lebih terfokus pada saluran pencernaan.

Oleh karena itu, setelah menjalankan salat magrib, makanlah dengan porsi sedang. Perbanyak makan sayur dan buah, karena sayur dan buah mengandung banyak serat agar tidak merasa kelaparan saat menjalankan ibadah salat tarawih.

4 dari 6 halaman

Mempersiapkan Diri sebelum Melakukan Salat Tarawih

Minum yang banyak sebelum salat tarawih. Bila perlu, bawa air putih ke masjid agar tidak haus saat menjalankan ibadah salat tarawih.

Sebelum melakukan salat tarawih, pastikan sudah buang air kecil dan besar agar dapat menjalankan ibadah salat tarawih dengan penuh khusuk dan konsentrasi.

5 dari 6 halaman

Pilih Jumlah Rakaat Sesuai Kemampuan

Kemampuan antara satu orang berbeda dengan yang lainnya, begitu pula dengan aktivitas seseorang. Hal yang terpenting dalam melakukan ibadah salat tarawih adalah konsisten untuk melakukannya dari awal hingga akhir Ramadan.

Oleh karena itu, sebaiknya memilih jumlah rakaat salat tarawih yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, kondisikan pula salat tarawih yang sesuai dengan aktivitas Anda.

Jika Anda harus bekerja pada malam hari, maka dapat memilih salat tarawih dengan jumlah rakaat yang lebih sedikit agar dapat melanjutkan pekerjaan.

Sebaliknya, jika Anda memiliki waktu luang maka lakukanlah ibadah salat tarawih lebih banyak atau lebih lama. Dengan demikian, semangat Anda akan tetap terjaga.

6 dari 6 halaman

Istirahat yang Cukup

Pada bulan puasa, banyak orang melalukan ibadah pada malam hari. Kemudian harus bangun sahur dini hari, sehingga kita kerap kekurangan istirahat. Jika hal ini terjadi terus-menerus, kondisi tubuh dapat menurun, apalagi jika belum terbiasa.

Oleh karena itu, lakukan kompensasi dengan menambah istirahat pada siang hari atau meminum suplemen vitamin dan mineral agar kondisi fisik Anda tetap prima untuk menjalankan ibadah salat tarawih setiap hari, di bulan Ramadan.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 16/6/2016).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer