Sukses


Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Zakat Fitrah, Menyempurnakan Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta Saat memasuki puasa Ramadan hingga menjelang hari lebaran Idulfitri, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Zakat fitrah hukumnya wajib bagi umat Islam yang mampu baik tua, muda, besar, kecil, lelaki, hingga perempuan.

Bentuk zakat fitrah berupa bahan kebutuhan pokok seperti beras, gandum, dan jagung. Mayoritas ulama berpendapat bahwa zakat fitrah dikeluarkan dengan kadar ukuran 1 sha' (sekitar 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa)

Tak hanya itu, zakat fitrah juga dapat dibayarkan dalam bentuk uang tunai seharga makanan pokok sesuai dengan ukuran.

Membayar zakat fitrah dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu. Sebab, pada dasarnya zakat fitrah adalah memberikan makan pada masyarakat miskin.

Di samping itu, menunaikan zakat fitrah memiliki beberapa keutamaan bagi yang melaksanakannya. Apa saja keutamaan zakat fitrah?

Berikut ini beberapa keutamaan menunaikan zakat fitrah yang hendaknya dipahami setiap Muslim, disadur dari laman Merdeka, Selasa (19/4/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Zakat Fitrah

1. Diampuni Dosa-Dosanya

Seorang Muslim yang membayar zakat fitrah, maka kesalahan dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah Swt. Tidak hanya itu, Allah Swt., juga telah menjamin bagi setiap Muslim yang mendirikan salat dan menunaikan zakat fitrah akan dijamin masuk surga.

Sebagaiamana dalam Al-Qur'an surat Al-Ma’iddah: 12, Allah Swt,. berfirman:

“Dan Sesungguhnya Allah telah mengambil Perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat di antara mereka orang pemimpin dan Allah berfirman: Sesungguhnya aku beserta kamu, Sesungguhnya jika kamu mendirikan salat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, sesungguhnya aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Ku-masukkan ke dalam surga yang mengalir air di dalamnya sungai-sungai. Maka barang siapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus.” (QS. Al-Ma’iddah: 12).

2. Sebagai Jembatan Masuk Surga

Satu di antara keutamaan zakat fitrah bagi umat Muslim adalah mendapatkan jaminan masuk surga. Hal ini sebagaimana terdapat dalam satu di antara ayat Al-Qur'an.

Berikut ini, Allah Swt., berfirman:

"Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al-Qur'an), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan salat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar." (QS. An-Nisa’: 162).

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Zakat Fitrah

3. Menghapuskan Kesalahan

Keutamaan zakat fitrah selanjutnya ialah menghapuskan kesalahan. Seorang Muslim yang membayar zakat fitrah akan dibukakan pintu rezeki dan dihapuskan kesalahannya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam satu di antara hadit berikut, artinya:

“Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi no. 609).

4. Harta Lebih Berkah

Menunaikan zakat fitrah dapat menjadikan harta yang dimiliki menjadi lebih berkah. Sebagaimana hadis berikut ini, Rasulullah saw., bersabda:

"Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta" (HR. Muslim).

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Menunaikan Zakat Fitrah

5. Mendapatkan Petunjuk

Keutamaan menunaikan zakat fitrah lainnya adalah akan mendapatkan petunjuk serta hidayah dari Allah Swt. Setiap Muslim yang turut serta memakmurkan masjid, mendirikan salat dan menunaikan zakat, termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam satu di antara surat berikut ini, artinya:

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18).

6. Memperoleh Pahala Terbaik

Allah Swt., akan memberikan hamba-Nya pahala yang terbaik jika mau membayar zakat fitrah. Selain itu, setiap Muslim yang menunaikan zakat fitrah juga akan ditambahkan rezeki oleh Allah Swt.

Sebagaimana dalam Al-Qur'an surat An-Nuur ayat 37-38 berikut ini:

"(Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (QS. An-Nuur: 37 - 38).

 

Disadur dari: Merdeka.com, (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 3/5/2021)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer