Sukses


Macam-Macam Cabang Olahraga Atletik, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta Atletik merupakan suatu cabang olahraga tertua dan dianggap sebagai induk dari semua cabang olahraga. Saat ini, atletik menjadi satu di antara olahraga paling umum yang dimainkan di berbagai penjuru dunia.

Atletik sendiri berasal dari kata Yunani yaitu Atlon yang berarti pertandingan atau perjuangan. Kemudian menurut ensiklopedi Indonesia, atletik berarti pertandingan dan olahraga pada atletik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, atletik adalah cabang olahraga (terutama yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan), terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar.

Atletik telah menjadi olahraga berskala internasional, bahkan hampir setiap negara di dunia kerap turut terlibat dalam perlombaan cabang olaharaga tersebut, termasuk Indonesia.

Ada berbagai macam cabang olahraga atletik yang perlu diketahui. Apa saja cabang-cabang olahraga atletik tersebut?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam cabang olahraga atletik yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Sampoernaacademy.sch.id, Rabu (20/4/2022).

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cabang Olahraga Atletik: Lari

Cabor atletik lari ini pada umumnya terbagi menjadi empat nomor, yaitu jarak pendek, jarak jauh, gawang, dan estafet.

Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan perlombaan lari cepat dengan jarak tempuh yang cenderung pendek atau dekat. Adapun jarak yang ditempuh yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m.

Jarak Jauh

Jarak tempuh perlombaan lari jarak jauh ialah 3 km, 5 km, 10 km, dan lebih dari 10 km.

Estafet

Berbeda dengan nomor lainnya, nomor estafet ini dilakukan secara beregu yang diisi oleh empat anggota tim. Jadi, pada nomor ini tim pelari yang beranggotakan 4 orang akan saling memindahkan tongkat estafet.

Keempat pelari tersebut akan berlari secara bergantian. Ada dua jarak yang diperlombakan pada estafet, yaitu 4×100 m dan 4×400 m.

Maraton

Maraton adalah lomba lari yang menempuh jarak paling jauh dibanding yang lainnya. Lintasan dari lari maraton ini biasanya dilakukan tidak di lapangan tertentu, tetapi di jalan raya.

Maraton ini menempuh jarak mulai dari 21 km hingga 42 km.

Gawang

Lari gawang ini sedikit berbeda dengan lari jarak jauh, pendek, dan estafet. Nomor ini dilakukan dengan cara lari dan melewati rintangan berupa palang rendah. Jadi, olahraga ini mengombinasikan antara lari dan melompat.

3 dari 5 halaman

Cabang Olahraga Atletik: Lompat

Melompat menjadi satu di antara cabang olahraga atletik. Seperti lari, lompat ini juga terbagi menjadi beberapa nomor, yaitu:

Lompat Jauh

Lompat jauh ini adalah olahraga atletik di mana seorang atlet akan memulai dengan lari dan kemudian melompat ke arah horizontal atau ke depan sejauh mungkin.

Semakin jauh lompatan seorang atlet maka peringkatnya akan semakin tinggi. Lompat jauh tidak sah jika si atlet melompat setelah melewati garis batas lompatan.

Lompat Tinggi

Lompat tinggi ini dilakukan dengan cara melompat ke arah vertikal atau dengan kata lain atlet harus melompat setinggi mungkin melewati mistar yang sudah ditetapkan tingginya.

Nantinya, mistar tersebut akan terus dinaikan tingginya bergantung pada pencapaian dari sang atlet. Lompat tinggi dianggap tidak sah jika badan mengenai mistar saat sedang melompat.

Lompat Galah

Lompat galah ini mirip dengan lompat tinggi, tetapi lompat galah dilakukan dengan menggunakan galah atau tongkat panjang yang lentur untuk membantu atlet melompat setinggi mungkin melewati mistar.

Lompat Jangkit

Lompat jangkit ini adalah lompat yang dilakukan dengan teknik seperti lompat jauh tetapi si atlet harus melakukan dua kali tolakan sebelum mendarat di area pendaratan.

4 dari 5 halaman

Cabang Olahraga Atletik: Lempar

Olahraga lempar melempar ini kebanyak dilakukan atlet-atlet yang memiliki otot tangan yang kuat. Hal itu karena mereka diminta oleh melempar benda berat sejauh mungkin.

Cabang atletik lempar ini terbagi menjadi beberapa nomor, yaitu:

Tolak Peluru

Tolak peluru merupakan cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan melempar atau menolak sebuah peluru sejauh mungkin. Peluru di dalam olahraga ini adalah bola besi bulat yang memiliki berat mulai dari 2,76 kg hingga 7,26 g.

Lempar Lembing

Lempar lembing ini adalah olahraga melempar lembing atau mirip dengan tombak sejauh mungkin. Lembing itu memiliki panjang 2,6-2,7 m untuk pria dengan minimum berat 800 gram. Sedangkan untuk putri sepanjang 2,2 m-2,3 m dengan berat 600 g.

Lempar Cakram

Lempar cakram ini menuntut atlet untuk melempar sebuah cakram logam ke area yang sudah ditandai. Cakram yang dilempar untuk pria memiliki berat 2 kg dengan diameter 22 cm, sedangkan wanita adalah 1 kg dengan diameter 18 cm.

Lempar Martil

Lempar martil ini bukan melempar martil seperti umumnya, tetapi melempar bola logam yang telah dipasang ke sebuah kawat baja sepanjang 1,22 m. Berat dari bola tersebut adalah 7,26 kg untuk pria dan 4 kg untuk wanita.

5 dari 5 halaman

Cabang Olahraga Atletik Lainnya

Jalan Cepat

Jalan cepat ini berbeda dengan lari. Jalan cepat ini menuntut atlet berjalan tetapi salah satu kaki harus terus menyentuh tanah. Adapun jarak perlombaan jalan cepat ini umumnya 20 km hingga 50 km.

Panahan

Panahan juga termasuk ke dalam satu di antara cabang olahraga atletik. Panahan ini dilakukan dengan cara menembakkan panah ke sasaran berbentuk lingkaran dengan jarak tertentu.

Makin tepat sasaran dari panah, maka poin yang akan didapatkan makin tinggi pula. Panahan memiliki nomor individu dan juga beregu.

Gabungan

Atletik gabungan ini adalah menggabungkan beberapa cabang olahraga atletik ke dalam satu kategori. Umumnya ada dua kategori pada olahraga atletik gabungan ini, yaitu:

  • Decathlon

Decathlon ini adalah gabungan dari 10 disiplin olahraga atletik yang dilakukan oleh satu atlet saja. Jadi olahraga ini terdiri dari beberapa gabungan cabang olahraga atletik.

Adapun cabang olahraga tersebut antara lain  lari (pendek, menengah, jauh), lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar cakram, lompat galah, dan lempar lembing.

Decathlon biasanya dilakukan selama dua hari berturut-turut.

  • Heptathlon

Heptathlon ini merupakan penggabungan 7 disiplin olahraga atletik untuk putri, yaitu lari (pendek, menengah), lompat tinggi, tolak peluru, lompat jauh, dan lempar lembing.

 

Sumber: Sampoerna Academy

Video Populer

Foto Populer