Sukses


Manfaat Menunaikan Zakat dari Segi Agama yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Zakat merupakan satu di antara rukun Islam. Oleh karena itu, zakat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi Muslim yang mampu.

Sebenarnya tidak seluruh umat muslim wajib membayar zakat. Sebab, terdapat beberapa syarat zakat yang harus dipenuhi supaya bisa menunaikan ibadah zakat.

Adapun tujuan berzakat bukan hanya sekadar menunaikan kewajiban, tetapi juga untuk membersihkan harta, menyucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Itu artinya mengeluarkan zakat memiliki manfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Terdapat berbagai manfaat menunaikan zakat yang perlu diketahui umat Muslim.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat menunaikan zakat dari segi agama yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Kabbengkalis.baznas.go.id, Kamis (21/4/2022).

 

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

Manfaat Menunaikan Zakat

1. Menyempurnakan Iman

Berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan satu di antara pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan oleh agama.

2. Bukti Keimanan dan Ketaatan

Manusia membutuhkan dan mencintai uang sebagai sesuatu yang bisa dimiliki. Oleh karena itu, terkadang orang tidak rela melepaskan apa yang dia cintai tanpa imbalan apapun.

Dengan membayar zakat, atau bisa disebut sedekah, seseorang sudah menunjukkan keimanan kepada Allah Swt.

Sebab, dengan berzakat kamu tidak mengharapkan imbalan duniawi melainkan ketenangan hati dan pahala dari Allah Swt.

3 dari 6 halaman

Manfaat Menunaikan Zakat

3. Membersihkan Hati dan Diri

Dengan membayar zakat, muslim telah masuk ke dalam golongan orang dermawan dan memisahkan diri dari kelompok orang-orang kikir.

Alasannya, saat seseorang sudah terbiasa memberi dalam bentuk apapun, baik itu pengetahuan, uang, atau kebaikan, dirinya akan merasa lebih sempurna ketika telah memberikan sesuatu yang berarti untuk orang lain.

4. Menenangkan Hati

Berzakat melatih umat Muslim untuk ikhlas. Jika dilakukan tanpa paksaan, zakat bermanfaat melatih seseorang menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan bagi orang lain.

5. Mencapai Keimanan yang Sempurna

Rasulullah saw., bersabda, "salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13)

Dalam kaitannya dengan zakat, tanpa disadari kamu juga menyempurnakan iman dengan tidak hanya mementingkan dirimu sendiri saja, melainkan juga orang-orang lain yang membutuhkan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Menunaikan Zakat

6. Tiket ke Surga

Muslim pasti percaya akan adanya surga dan berusaha untuk masuk ke surga di akhir hidupnya. Dalam kaitannya dengan surga, manfaat zakat selanjutnya adalah pahala yang diperoleh dapat menjadi tiket yang melancarkan dan memastikan perjalananmu ke Surga.

Hal itu sebagai mana yang disebutkan dalam HR. At-Tirmidzi:

"Surga adalah untuk mereka yang bertutur halus, menyebarkan salam Islam, memberi makan orang-orang dan bermalam dengan memanjatkan doa secara sukarela ketika orang-orang sedang terlelap."

7. Membawa Kebajikan

Zakat juga bermanfaat mendatangkan kebaikan-kebaikan dalam hidup. Rezeki dilancarkan, kualitas hidup meningkat, hati terasa tenang, dan kehidupan juga terasa lebih tentram karena kebaikan yang telah dilakukan.

8. Meninggal dengan Tenang

Zakat menjauhkan umat Muslim dari kematian yang kurang baik. Dengan melunaskan kewajibannya sebagai umat Muslim, pahala yang didapatkan pun bertambah.

Zakat juga bermanfaat untuk meringankan dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini dapat mempermudah kepergian seseorang ketika waktunya sudah tiba.

5 dari 6 halaman

Manfaat Menunaikan Zakat

9. Pelindung di Hari Akhir

Pada saat hari kiamat, Islam mengajarkan bahwa seluruh manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar.Nantinya, apa yang sudah kamu amalkan akan menjadi tempat berteduh dari panas yang tidak tertahankan.

Seperti yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, tentang salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah teduh Allah swt., pada saat hari kebangkitan adalah: "Orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanannya.”

Jadi, jangan lupakan kewajibanmu untuk membayar zakat atau beramal dalam bentuk apapun, ya.

10. Mempelajari Agama Lebih Dalam

Manfaat zakat selanjutnya adalah dapat membuat seseorang mengetahui batasan-batasan dan hukum Allah Swt. Sebab, untuk berzakat orang harus mengetahui banyak hal mulai dari jenis-jenisnya, Nisab (jumlah minimum untuk zakat), siapa yang berhak menerima zakat, dan hal-hal lainnya.

6 dari 6 halaman

Manfaat Menunaikan Zakat

11. Membentengi Diri dari Bencana

Zakat dapat mencegah adanya bencana yang diturunkan ke bumi. Sebab, dengan berzakat kita dapat memadamkan kemurkaan Allah Swt.

12. Menghapus Dosa

Berbuat kebaikan dapat menambah pahala dan mengurangi dosa kita, atau bahkan menghapusnya. Rasulullah saw., bersabda, "Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api." - HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaa’i.

Sumber: Baznas

Video Populer

Foto Populer