Sukses


Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Beserta Artinya, Ketahui Keistimewaannya

Bola.com, Jakarta Satu di antara keistimewaan yang pada bulan Ramadan yaitu adanya malam Lailatul Qadar. Namun, tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadar.

Secara etimologis, Lailatul Qadar terdiri dari dua kata, yakni lail atau lailah yang berarti malam hari. Sedangkan qadar bermakna ukuran atau ketetapan. Ada juga yang mengatakan Lailatul Qadar, malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.

Banyak hadis yang menyebut malam istimewa ini jatuh pada 10 malam terakhir Ramadan. Kerahasiaan ini ternyata mengandung maksud. Hal ini agar umat Islam semakin rajin beribadah di 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Untuk menyambut Lailatul Qadar bisa dengan banyak beribadah. Tidak hanya melakukan ibadah saja, di malam Lailatul Qadar juga dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut ini bacaan doa malam Lailatul Qadar beserta artinya yang perlu diketahui, seperti disadur dari Dream.co.id, Kamis (21/4/2022).

 

 

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Lailatul Qadar

Seperti dikutip dari Islam.nu.or.id via Dream.co.id, Aisyah ra pernah bertanya pada Rasulullah saw:

“ Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, doa apa yang bagus dibaca?”

Rasulullah saw pun menjawab:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.”

Selain bacaan doa tersebut, ada lagi bacaan doa Lailatul Qadar lainnya yang bisa diamalkan. Berikut adalah bacaannya seperti dikutip dari Oase.id via Dream.co.id:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لنَا فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ وَ بَلِّغْنَا لَيْلَةَ الْقَدْرِ وَعِبَدَةً فِيْهَا

Allahumma Bariklana fi Syahri Romadhana wa Ballighna Lailatal Qadr wa 'Ibadatan Fiha.

Artinya: “ Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan ini dan pertemukanlah kami dengan Lailatul Qadr dan beribadah di malamnya."

3 dari 4 halaman

Keistimewaan Lailatul Qadar: Malam yang Istimewa

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa. Di mana ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan pada malam ini. Oleh karena itulah, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan ibadah dan melakukan kebaikan.

Seperti halnya salat di malam Lailatul Qadar dan juga memanjatkan doa Lailatul Qadar. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut ini:

"Barangsiapa yang menghidupkan Lailatul Qadar dengan salat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar: Turunnnya Malaikat ke Bumi

Keistimewaan lainnya di malam Lailatul Qadar adalah turunnya malaikat ke bumi. Hal ini seperti dijelaskan dalam firman Allah Swt., melalui surat Al-Qodr ayat 4 yang bunyinya sebagai berikut:

تَنَزَّلُالْمَلٰۤىِٕكَةُوَالرُّوْحُفِيْهَابِاِذْنِرَبِّهِمْۚمِنْكُلِّاَمْرٍۛ

Artinya: “ Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.” (QS. Al-Qadr: 4).

Melalui ayat tersebut dijelaskan pada malam Lailatul Qadar dan atas izin Allah Swt, malaikat turun ke bumi. Di mana tugas malaikat tersebut adalah untuk mendengarkan dan mengaminkan doa-doa umat Islam yang sedang memanjatkan doa di malam yang istimewa tersebut.

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Widya Resti Oktaviana. Published: 22/1/2022).

Video Populer

Foto Populer