Sukses


Macam-Macam Pola Ragam Hias, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang diulang-ulang dalam suatu karya seni atau kerajinan. Pola dalam ragam hias biasanya sering digunakan sebagai acuan dalam membuat rancangan hiasan.

Pola ragam hias adalah susunan pola dengan aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu. Penempatan pola ragam hias tergantung dari tujuan.

Beberapa bentuk pola ragam hias tersebut dapat berupa pola ragam hias tepi, memojok, memusat, bidang beraturan, komposisi, dan pengulangan.

Penggunaan pola ragam hias bertujuan mengisi kekosongan bahan dengan maksud untuk memperindah dan menambah nilai estetika suatu benda atau produk.

Pola-pola ragam hias menurut penempatannya ada berbagai macam. Apa saja macam-macam pola dalam ragam hias?

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam pola ragam hias yang perlu diketahui, seperti dilansir dari Emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (22/4/2022).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pola Ragam Hias

1. Pola Simetris

Pola simetris terbentuk dari susunan motif-motif ragam hias dengan keseimbangan dan bentuk yang sama dalam susunannya.

2. Pola A-simetris

Pola a-simetris terbentuk dari komposisi yang tidak berimbang, namun memiliki proporsi, komposisi dan kesatuan yang harmoni.

3. Pola Ragam Hias Tepi

Pola ragam hias tepi terbentuk dari pengulangan bentuk sebelumnya dan digunakan untuk menghias bagian tepi.

4. Pola Ragam Hias Menyudut

Pola ragam hias menyudut membentuk pola segi tiga dan umumnya memiliki bentuk ragam hias yang berbeda dan disesuaikan dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

3 dari 5 halaman

Pola Ragam Hias

5. Pola Ragam Hias Gabungan

Pola ragam hias gabungan merupakan pola ragam hias memusat bentuk coraknya berdiri sendiri dan biasanya gabungan dari beberapa ragam hias dan membentuk ragam hias baru.

6. Pola Ragam Hias Beraturan

Pola ragam hias beraturan terbentuk dari bidang dan corak yang sama yang susunan polanya merupakan pengulangan dari bentuk sebelumnya dengan ukuran yang sama.

7. Pola Ragam Hias Tidak Beraturan

Pola ragam hias tidak beraturan pola ini lebih bervariasi karena terdiri dari beberpa motif yang berbeda dan tidak mengikuti pola proporsi dan komposisi yang seimbang.

4 dari 5 halaman

Contoh Motif Ragam hias

Berikut ini contoh-contoh motif ragam hias dalam kaitannya dengan unsur dan prinsip seni rupa.

1. Pola Ragam Hias Motif Geometris

Pengulangan garis miring, naik turun dengan tinggi sama menjadi pola simetris memberikan kesan ritme atau irama statis. Sedangkan yang tinggi rendah berbeda menjadi polaasimetris, memberikan ritme atau irama yang dinamis.

2. Pola Ragam Hias Flora

Pola ragam hias merupakan pengulangan motif flora dominan bunga yang memiliki susunan yang sama dari unsur warna, bentuk, proporsi. Sehingga membentuk pola simetris.

Pola ragam hias flora buah dan daun ini dengan pengulangan susunan yang berbeda baik warna, bentuk, ukuran, akan menjadikan pola yang asimetris.

Dengan ballance atau keseimbangan yang sama, baik dari pengulangan bentuk, ukuran, dan warna.

 

5 dari 5 halaman

Contoh Motif Ragam hias

3. Pola Ragam Hias Fauna

Pola ragam hias flora dengan bentuk dasar motif burung merupakan pola simetris, karena memiliki pengulangan yang sama. Secara keseluruhan pola raga hias ini memiliki ritme dan balance simetris.

Dengan pusat perhatian tertuju pada motif burung. Pola ragam hias fauna kuda merupakan pola asimetris, karena memiliki pola atau susunan kanan kiri atas bawah tidak sama dan memberikan kesan ritme atau irama yang dinamis.

4. Pola Ragam Hias Figuratif

Motif figuratif disusun dengan pola yang memiliki kesamaan antara kanan kiri atas bawah dan teratur sehingga menjadikan pola yang simetris dan memiliki ritme yang statis baik dari warna ataupun dari ukuran dan bentuknya.

Adapun yang menjadi pusat perhatian adalah objek figuratif.

Sumber: Kemdikbud

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer